PJB Connect Bangun Relasi Stakeholder Kelistrikan Dalam dan Luar Negeri

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq

Seorang pekerja memeriksa kesiapan pembangkit listrik.
Seorang pekerja memeriksa kesiapan pembangkit listrik. | Foto: ANTARA/FB Anggoro

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PLN Nusantara Power (NP) menggelar pameran dan seminar tahunan di bidang ketenagalistrikan, PJB Connect 2022 di Jatim Expo pada 4-6 Oktober 2022. PJB Connect ke-7 merupakan sarana menghubungkan dan membangun hubungan antara PLN Nusantara Power dengan sejumlah stakeholder baik dari dalam maupun luar negeri.

"Acara ini juga merupakan salah satu upaya PLN Nusantara Power untuk mendukung PLN dalam menghadapi tantangan bisnis ketenagalistrikan yang makin kompleks," kata Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah saat membuka acara, Selasa (4/10/2022).

Ruly menyampaikan pentingnya PJB Connect bagi perkembangan industri kelistrikan. Menurutnya, selama tujuh tahun berturut-turut PJB Connect menjadi ajang saling tukar inovasi, diskusi, serta teknologi terkini untuk menunjang perkembangan energi listrik.

"Hadirnya PJB Connect akan membawa sinergi yang baik antar perusahaan listrik, utilitas, akademisi, dan investor menjadi lebih kuat, solid, dan apik. PJB Connect juga menjadi jembatan terjalinnya komunikasi yang sinergi dan merambah dimulainya proyek dan bisnis dengan skala besar," ujar Ruly.

Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI Dadan Kusdiana menyampaikan arahan dan kebijakan Indonesia dalam industri ketenagalistrikan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM merumuskan berbagai upaya untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) sektor energi Indonesia pada 2060 atau lebih cepat.

Menurutnya, ini merupakan perwujudan komitmen Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dalam aksi mitigasi perubahan iklim. Hal inilah yang perlu diketahui dan disepakati bersama, khususnya bagi stakeholder di bidang ketenagalistrikan.

"Selama tujuh tahun berturut-turut PJB Connect telah menyumbangkan kontribusi besar dalam perkembangan industri listrik di Indonesia. Melalui berbagai inovasi dan diskusi dalam seminar, saya berharap seluruh pihak yang terlibat dalam industri ketenagalistrikan dapat mendorong kebijakan Pemerintah Indonesia," kata dia.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menyambut baik perhelatan akbar tahunan ini. Menurut dia, Kota Surabaya merasa bangga menjadi tuan rumah acara tersebut dan secara tidak langsung menjadi bagian dalam mendukung percepatan pengembangan energi listrik di Indonesia.

"PJB Connect 2022 ini sudah menjadi acara tahunan dan selalu diselenggarakan di Surabaya ini. Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada PLN Nusantara Power karena secara langsung mendorong pertumbuhan ketenagalistrikan di Indonesia, khususnya di Jatim, yang juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


12 Negara Berpartisipasi dalam PJB CONNECT 2019

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark