Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

7 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mengenal Tipe Tabungan yang Harus Dimiliki Setiap Orang

Rabu 05 Oct 2022 04:00 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Foto: Cermati
Fungsi tabungan sangatlah penting untuk diketahui karena setiap jenis tabungan memiliki fungsinya masing-masing yang disesuaikan dengan tujuan menabung.

Uang sering menjadi sumber masalah dalam kehidupan. Sudah bekerja dan bergaji besar, tetapi tetap saja uang masih terasa kurang. Belum lagi tagihan dan kebutuhan makin naik setiap tahunnya.

Bahkan ada yang sudah bekerja puluhan tahun dengan gaji cukup besar. Namun, pada akhirnya tidak memiliki apa-apa ketika pensiun. Ini tentu sangat disayangkan sekali bukan?

Untuk itu, mulai sekarang pikirkanlah cara untuk mengelola uang dengan tepat. Salah satunya dengan menabung, ternyata ada banyak loh tipe tabungan masa depan yang harus dipersiapkan? Dengan mengenal ini maka kehidupan finansial menjadi lebih terjamin kedepannya.

Baca juga: 7 Manfaat Memiliki Tabungan Bisnis

 

Tabungan Masa Depan Yang Harus Dimiliki Semua Orang

jenis tabungan

Jenis Tabungan

  1. Tabungan Untuk Dana Darurat

    Pertama adalah membuat tabungan untuk dana darurat. Jika terjadi sesuatu tidak terduga, dana ini bisa digunakan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir karena sudah mempersiapkan finansial yang terbaik.

    Kenapa dana darurat penting? Ini karena kita tidak bisa sepenuhnya menduga apa yang terjadi kedepannya. Mirip seperti asuransi, tetapi berupa tabungan. Misalnya, jika terjadi kemalangan yang mengharuskan mengeluarkan biaya besar.

    Tentu, kondisi ini akan memberikan tekanan besar, jika tidak memiliki dana darurat. Namun, dengan adanya tabungan ini maka kondisi mendesak bisa lebih teratasi. Kamu bisa bangkit lebih mudah karena persiapan keuangan matang.

    Sudahkah kamu memiliki dana darurat? Jika belum, maka mulailah memikirkan hal tersebut. Bahkan financial consultant menyarankan persentase cukup besar dialokasikan pada dana darurat dari total gaji.

  2. Tabungan Hari Tua

    Tidak semua orang bekerja sebagai ASN dan mendapatkan tunjangan hari tua atau pensiun. Oleh karena itu, tabungan hari tua juga perlu dimiliki dari sekarang. Dengan begitu, kamu bisa lebih enjoy menikmati hari tua tanpa terbebani finansial.

    Tentu saja tidak ada yang mau menghabiskan hari tua dengan beban pikiran finansial. Terutama, dengan skill dan kemampuan terbatas akan membuat lebih sulit menghasilkan uang.

    Mulailah menyisihkan sebagian gaji untuk kehidupan hari tua nanti sehingga setelah pensiun tidak ada lagi masalah keuangan. Kamu pun bisa bebas mengerjakan apapun yang disukai.

  3. Tabungan Untuk Kebutuhan Berkelanjutan

    Tabungan kebutuhan berkelanjutan cukup sering diabaikan. Padahal perannya penting untuk menjaga stabilitas keuangan. Alokasinya adalah pada pengeluaran jangka menengah.

    Misalnya, asuransi, angsuran, dana pulang kampung jika lebaran atau natal. Walaupun terdengar sederhana, tetapi nominal dana yang dikeluarkan berjumlah besar. Untuk itu, hal ini harus dipersiapkan dalam bentuk tabungan.

    Misalnya, menyisihkan 5% dari total gaji setiap bulan. Dengan begitu, dana harian tidak akan terganggu saat ingin kebutuhan berkelanjutan diperlukan. Selain itu, juga akan terhindar dari krisis akhir bulan dengan tabungan ini.

  4. Tabungan Jangka Pendek

    Kamu juga wajib loh memikirkan tabungan jangka pendek. Jika ingin memberikan self reward, maka jenis tabungan ini paling tepat. Tabungan ini terikat jangkanya, dan persentase alokasinya pun fleksibel.

    Misalkan, ingin jalan-jalan ke luar negeri. Maka, mulai persiapkan tabungan jangka pendek. Kemudian, sisihkan gaji bulanan kedalam tabungan tersebut, sesuai nominal yang dibutuhkan.

    Kamu wajib memiliki tabungan ini, selain untuk memberikan hadiah diri sendiri juga membantu membatasi sifat boros. Maka, kamu akan cenderung lebih suka menabung ketika ingin sesuatu, ketimbang membeli tanpa memikirkan kondisi keuangan kedepannya.

  5. Tabungan Kebutuhan Bulanan

    Terakhir adalah menyiapkan dana untuk kebutuhan bulanan. Seperti membeli bahan rumah tangga, membayar listrik, air, dan sebagainya. Semuanya perlu dipersiapkan dengan matang.

    Jenis tabungan ini dikatakan sebagai dana pokok. Alokasi gaji diutamakan pada tabungan ini. Lakukan perhitungan dengan optimal terhadap kebutuhan pokok yang harus dikeluarkan setiap bulan.

    Dengan menyediakan tabungan ini, hari-hari kamu akan terjauh dari mie instan di akhir bulan. Untuk itu, mulailah mengelola finansial dengan baik dari sekarang.

Baca juga: Mengenal Tabungan Anak dan Waktu yang Tepat untuk Membukanya

Cara Mudah Mengelola Tabungan

  1. Menggunakan Aplikasi Smartphone

    Sulitnya mengelola keuangan adalah ketika menabung hanya berpusat pada satu bentuk penyimpanan saja, seringkali dana terpakai begitu saja. Lalu, apakah artinya harus punya banyak rekening tabungan?

    Tentu tidak, karena sekarang sudah banyak aplikasi smartphone yang membantu alokasi tabungan hanya dengan satu akun. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play atau Playstore melalui smartphone.

    Setiap aplikasi dilengkapi fitur untuk memisahkan tabungan sesuai tipenya. Fiturnya mendukung membuka beberapa jenis tabungan, dan disertai jangka waktu menabung. Uniknya lagi, uang dapat tertransfer otomatis sesuai nominal dan waktu yang diatur.

  2. Membuka Rekening Tabungan Konvesional

    Jika ingin lebih terjamin lagi keamanannya, maka manfaatkan rekening tabungan. Saat ini layanan bank telah berkembang pesat. Fitur-fitur pengelolaan keuangan dapat dengan mudah diakses nasabah.

    Termasuk membuat tabungan berjangka untuk kebutuhan masa depan. Kelebihan membuka rekening bank adalah sistem keamanannya terjamin dan dilindungi hukum.

    Bank dapat menjadi pilihan tepat jika nominal dana yang dialokasikan besar. Selain itu uang didalam bank bisa bertambah dengan adanya suku bunga. Sehingga selain sebagai tabungan masa depan, juga dapat menjadi investasi.

Baca juga: Tabungan: Perkembangan dan Tujuan Utama Melakukannya

Pentingnya Tabungan Masa Depan

Tabungan masa depan penting dipikirkan mulai dari sekarang. Fokuslah mempersiapkan finansial untuk masa depan, agar dapat terhindar dari permasalahan keuangan di masa depan. Mempersiapkan tabungan masa depan adalah investasi terbaik dari persiapahan hari tua.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile