Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Eks Anggota MRP Analisis Mengapa Warga Bentengi Gubernur Lukas

Rabu 05 Oct 2022 05:21 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Eks anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Ferdinand Tuamis.

Eks anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Ferdinand Tuamis.

Foto: Dok pribadi
Kata Ferdinand, kelompok yang membentengi Lukas dilatarbelakangi faktor emosional.

REPUBLIKA.CO.ID, KEEROM -- Eks anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Ferdinand Tuamis menilai, respon masyarakat Provinsi Papua terhadap persoalan yang menjerat Gubernur Lukas Enembe ada dua faktor. Pertama, respon yang bersifat politik, kedua respon terkait sosial.

Ferdinand menganggap, respon sosial datang dari kelompok masyarakat yang pro-Lukas. Ada kelompok mahasiswa, kelompok profesi, keluarga dan lain-lain. Mereka tahu, ketika terjadi penyelewengan dalam penyelenggaraan pemerintahan, ada konsekuensinya hukumnya.

"Tetapi mereka itu justru sekarang sedang membentengi sehingga akses untuk penanganan hukum terhambat. Pertanyaannya, faktor apa yang mendorong mereka berbuat begitu?" kata Ferdinand di Keerom, Provinsi Papua, Rabu (5/10/2022).

Dalam siaran pers, Ferdinand menyebutkan, kelompok yang membentengi Lukas dilatarbelakangi faktor emosional. Ketokohan Lukas membuat sebagian warga melakukan proteksi kepadanya. Warga yang berjaga di rumah Lukas menganggap, kasus gubernur Papua dipolitisasi.

Sementara di pihak lain, ada prosedur hukum yang harus ditegakkan. "Aparatur datang dengan alat kelengkapan negara, masyarakat hadapi dengan tangan kosong. Di sinilah bahayanya, masyarakat bisa jadi korban," ucap tokoh pemuda Keerom tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile