Rabu 05 Oct 2022 16:35 WIB

Tangkap Peluang Investasi IKN, Waskita Beton Siapkan Fasilitas Pabrik di Penajam

Progres pabrik tersebut saat ini sudah mencapai 70-80 persen.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Waskita Beton Precast
Foto: Facebook Humas Waskita Beton Precast
Waskita Beton Precast

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) tidak mau ketinggalan menangkap peluang di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. WSBP melihat potensi pasar di proyek IKN cukup besar terutama untuk infrastruktur dasar. 

Presiden Direktur WSBP FX Poerbayu Ratsunu mengatakan, Perseroan saat ini sedang menyiapkan satu fasilitas pabrik di Penajam, Kalimantan Timur. Berdasarkan peta pengembangan IKN, menurut Poerbayu, pabrik berada tidak jauh dari pelabuhan udara VIP. 

Baca Juga

Poerbayu menjelaskan, progres pabrik tersebut saat ini sudah mencapai 70-80 persen. "Kami sedang mengembangkan fasilitas pabrik disana di atas lahan seluas 18 hektar," kata Poerbayu di Jakarta, Rabu (5/10/2022). 

Selain itu, dalam mendukung pekerjaan-pekerjaan holding, WSBP juga sedang mempersiapkan pendirian batching plant. Dengan adanya batching plant, WSBP akan lebih mudah menjangkau pasar sekaligus dapat menyediakan kebutuhan beton readymix bagi holding. 

Dari batching plant ini, WSBP juga akan memasok beton readymix ke beberapa BUMN lainnya yang tergabung dalam pembangunan jalan tol untuk IKN. WSBP akan mempersiapkan fasilitas lainnya sejalan dengan progres pengembangan IKN. 

Direktur Keuangan WSBP Asep Mudzakir mengapresiasi market sounding atau penjajakan pasar yang dilakukan pemerintah untuk proyek IKN. Asep melihat, market sounding merupakan komitmen pemerintah dalam rangka pembangunan dan penyelesaian IKN. 

Market sounding nantinya akan dihadiri para investor yang akan berinvestasi di pembangunan IKN. "Ekspektasi kami menjadi lebih tinggi karena ada upaya pemerintah untuk bagaimana mendapatkan kepastian investor yang mendanai IKN di luar porsi APBN," kata Asep.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement