Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tata Intra V20, Ramaikan Pasar Kendaraan Komersial Ringan

Rabu 05 Oct 2022 12:52 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tata Intra V20 menjadi andalan Tata Motors di segmen kendaraan niaga ringan di Tanah Air.

Tata Intra V20 menjadi andalan Tata Motors di segmen kendaraan niaga ringan di Tanah Air.

Foto: istimewa
Tata Intra V20 dirancang khusus sesuai keadaan lapangan dan kebutuhan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kembali bangkitnya ekonomi Indonesia yang tumbuhn hingga 5,44 persen di kuartal kedua tahun ini telah mendorong bergairahnya sektor industri strategis. Hal itu berdampak kepada meningkatnya permintaan pasar kendaraan niaga berbagai ukuran di Tanah Air. 

Hal ini menjadi peluang bagi pabrikan untuk kembali menawarkan produk terbaru mereka sebagai bentuk peremajaan bagi pasar di Tanah Air. Tata Motors melihat hal ini dengan menawarkan produk terbarunya mereka Tata Intra V20, kendaraan pikap atau small commercial vehicle bermesin diesel E4 yang kompatibel dengan BBM B30 yang dipakai di Indonesia.

Baca Juga

"Kami sadar bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia yang tinggi tidak lepas dari dukungan industri logistik yang kuat, ada permintaan di segmen perkebunan, logistik dan pertanian, Kami ingin mendukung industri fundamental tersebut melalui produk terbaru kami, Tata Intra V20," ujar Pankaj Jain, President Director TMDI, Selasa (4/10/2022).

Tata Intra V20 dirancang khusus sesuai keadaan lapangan dan kebutuhan masyarakat Indonesia dengan berbagai fitur terkini, misalnya teknologi hydroforming yang mencegah adanya karat, serta mampu mengangkut lebih dari 1000 kilogram. Tata Intra V20 juga memiliki Gradeability 45 persen sehingga dapat menanjak secara optimal.

Tata Intra V20 membidik pelaku usaha yang menginginkan pikap dengan daya angkut lebih banyak, kemampuan menanjak lebih baik, dan konsumsi bahan bakar lebih irit. Oleh karena itu, Tata Intra V20 dapat menjadi pilihan utama untuk kebutuhan logistik harian, seperti pengiriman bahan makanan, material bangunan, hewan ternak, dan lainny

Kendaraan yang diimpor secara utuh dari India ini tidak ada perbedaan yang berarti dibanding yang dipasarkan di negara asalnya. Hanya saja penyesuaian dilakukan terkait kemampuan mesinnya menggunakan BBM B30. Konsumen disaran untuk untuk rajin mengganti filter oli untuk pemakaian setiap 10 ribu kilometer. " hanya saja yang membedakan kemampuannya memakai BBM B30 supaya dapat memenuhi permintaan di dalam negeri," kata Augustin Lumban Tobing, Deputi GM Sales and Leasing, Tata Motors.

Tata Intra V20 dipasarkan dalam dua varian. Varian V20 yang menggunakan alat penyejuk udara dan varian tanpa penyejuk udara. Untuk membedakan tampilan keduanya terlihat dari bumper yang senada dengan body kendaraan untuk yang menggunakan penyejuk udara. Sedangkan yang tanpa penyejuk udara warna bumper berbeda dengan warna body kendaraan. 

Kabin kendaraan yang dipasarkan mulai Rp 159 juta non AC dan 169 AC ini cukup lapang karena mengalami sejumlah perbedaan dari Super Ace yang pernah dipasarkan di Indonesia sebelumnya. Karena ada sejumlah perubahan seperti posisi tuas transmisi yang kini berada di dashboard, sehingga posisi duduk penumpang di tengah lebih lapang. Demikian pula dengan tempat penyimpanan berbagai barang ukuran kecil di kotak penyimpanan di dashboard baik yang terbuka maupun tertutup. 

Untuk pengendalian, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas power steering yang memudahkan manuver di jalan sempit atau kepadatan lalu lintas. Penggunaan mesin TATA 1400DI01 standar Euro 4 berkapasitas 1396 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 70/4000  dan torsi hingga 140/1800 - 3000.

Saat ini pasar terbesar produk Tata Motors berada di Jawa, Sumatera dan kalimantan khususnya di perkebunan, tambang atau pengiriman barang. Konsumen juga mendapat jaminan layanan 24 jam di 200 outlet yang tersebar di Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile