Kamis 06 Oct 2022 01:25 WIB

Keluar Nomor Unik, 400 Orang Menang Lotre di Filipina

433 pemenang lotere membawa lebih dari 545 ribu peso Filipina atau 9.000 dolar AS.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Tiket Lotere (ilustrasi)
Foto: lotteryuniverse.com
Tiket Lotere (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA - Sebuah lotre resmi di bawah pemerintah Filipina mengeluarkan nomor unik yang membuat lebih dari 400 orang menang lotere. Kombinasi yang keluar adalah angka kelipatan sembilan yakni 9, 18, 27, 36, 45, dan 54.

Kantor Undian Amal Filipina (PCSO) mengumumkan pemenang Grand Lotto sebesar 236 juta peso Filipina (4 juta dolar AS) pada Sabtu pekan lalu. Jackpot itu dibagikan kepada 433 pemenang.

Ini adalah jumlah tertinggi orang yang pernah memenangkan Grand Lotto. Masing-masing dari mereka membawa lebih dari 545 ribu peso Filipina atau 9.000 dolar AS.

Menurut BBC, peserta Grand Lotto harus memilih enam nomor dari satu hingga 55. Mereka menang ketika keenam nomor yang dipilih cocok dengan yang ditarik oleh operator lotre.

Namun demikian, pemimpin minoritas senat Filipina Koko Pimentel menyerukan penyelidikan atas pengumuman tersebut. Menurutnya  hasil lotre itu aneh dan tidak biasa.

"Saya akan mengajukan resolusi, karena ini menjadi perhatian saya, permainan lotre ini disahkan oleh Republik Filipina," katanya di unggahan Facebook resminya, dikutip laman Channel News Asia, Rabu (5/10/2022). "Oleh karena itu, kami perlu menjaga dan melindungi integritas permainan judi yang telah kami izinkan ini," ujarnya menambahkan.

Pinmentel juga mengatakan dia akan meminta pendapat ahli statistik dan matematika mengenai hasil undian PCSO. Senator Risa Hontiveros mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia mendukung penyelidikan untuk mengesampingkan persepsi bahwa hasil jackpot telah dimanipulasi.

"Kami juga ingin memastikan sistem aman, bebas dari gangguan dan dapat dipercaya," katanya. PCSO, yang dimiliki pemerintah, menunjukkan dalam konferensi pers lokal bahwa orang Filipina cenderung bertaruh pada urutan angka.

Manajer umumnya Melquiades Robles mengatakan, bahwa lotre adalah permainan kesempatan, tidak ada yang pasti dan tidak dapat dikendalikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement