Rabu 05 Oct 2022 23:04 WIB

Kapolda Papua Barat Sampaikan Permohonan Maaf kepada TNI

Pangdam Kasuari menyerahkan proses hukum kedua oknum kepada Polda Papua Barat.

Red: Ilham Tirta
Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga (kanan).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada Pangdam XVIII/Kasuari. Permintaan itu terkait tindakan dua oknum polisi di jajaran Polda Papua Barat yang menjilat kue ulang tahun TNI.

"Selaku pimpinan Polda Papua Barat, saya menyampaikan permohonan maaf dan bertanggung jawab atas tindakan dua oknum anggota yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan terhadap institusi TNI," ujar Daniel di Manokwari, Rabu (5/10/2022), malam.

Baca Juga

Daniel memastikan sanksi tegas menanti kedua oknum anggota tersebut. Sebab, mereka dengan sengaja menciderai soliditas antara TNI dan Polri yang sudah terbina dengan baik.

"Kedua oknum anggota sudah ditahan dan sedang diproses oleh Propam Polda Papua Barat. Semoga soliditas dan sinergitas kita (TNI-Polri) tidak berkurang karena ulah dua oknum anggota tersebut," kata dia.

Kapolda Papua Barat berkomitmen melakukan koreksi dan perbaikan internal, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari yang dapat merusak citra institusi Polri.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen Gabriel Lema menyatakan, secara pribadi dan institusi TNI di jajaran Kodam Kasuari menerima permohonan maaf dari Kapolda Papua Barat atas ulah dua oknum anggota Polisi tersebut. TNI lebih mengutamakan sinergitas dan kekompakan yang sudah terawat selama ini dengan Polda Papua Barat. 

Gabriel mengatakan, tantangan tugas ke depan masih banyak, sehingga ia berharap kepada seluruh anggota Kodam Kasuari agar lebih bijak melihat hal tersebut. "Karena perbuatan dua oknum sudah menjadi perhatian Kapolda Papua Barat, kami serahkan sepenuhnya kepada internal institusi Polri untuk memproses kedua oknum tersebut," kata Gabriel.

Pangdam juga mengarahkan seluruh prajurit jajaran Kodam Kasuari bersama prajurit TNI AL dan TNI Udara di Papua Barat agar tetap kompak bersama Polda Papua Barat. "Bersama kita tetap kompak, jaga soliditas untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara terlebih kepada masyarakat Papua Barat," ujar Gabriel.

Dalam unggahan sebuah video yang beredar di publik, dua oknum anggota Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat terlihat menjilati kue ulang tahun yang hendak diantar dari Polda Papua Barat ke Kodam Kasuari pada puncak HUT TNI ke-77. Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Adam Erwindi menyatakan, bahwa kue tersebut sudah diamankan sebagai barang bukti untuk memproses kedua oknum anggota yang kini telah mendekam di sel Propam Polda Papua Barat.

"Dapat kami pastikan, bahwa kue tersebut tidak diserahkan kepada rekan-rekan di Kodam Kasuari dan sudah diamankan sebagai barang bukti," kata Adam.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement