Kamis 06 Oct 2022 05:14 WIB

Keluarga Glazer Sempat Tawarkan Man United kepada Investor Arab Saudi

Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) akhirnya menjadi pemilik penuh Newcastle.

Red: Endro Yuwanto
Pemilik Manchester United, Avram Glazer dan Bryan Glazer (kanan).
Foto: ap
Pemilik Manchester United, Avram Glazer dan Bryan Glazer (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga Glazer pernah menawarkan 30 persen saham Manchester United Football Club senilai 700 juta pound atau sekitar Rp 12 triliun kepada Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) pada 2019. Gubernur PIF Yasir Al-Rumayyan membenarkan kelompoknya pernah ditawari membeli saham klub Liga Primer Inggris itu.

"Di Inggris ada sebuah tim yang mendekati kami dengan basis bahwa kami mengambil 30 persen kepemilikan, tapi kami tidak boleh ikut campur sama sekali dalam hal mengelola klub, seharga 700 juta pound," kata Al-Rumayyan seperti dikutip The Athletic, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga

Al-Rumayyan mengungkapkan kelompoknya malah berniat mengakuisisi penuh sebuah klub Liga Inggris.

"Mengapa Liga Primer Inggris? Karena ini adalah liga terbaik di dunia. Tidak ada liga lain yang menyaingi mereka. Ada 20 tim, tiga terdegradasi dan tiga promosi. Keuntungan Liga Primer adalah salah satu dari 20 tim bisa mengalahkan tim terbaik di liga," papar Al-Rumayyan.

Awal tahun 2019, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman kabarnya sangat tertarik mengakuisisi Manchester United, tetapi niat itu tak terlaksana. PIF akhirnya menjadi pemilik penuh Newcastle United setelah mengakuisisinya pada harga 350 juta pound atau sekitar Rp 6,06 triliun.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement