Kamis 06 Oct 2022 17:17 WIB

The Washington Post: Bagaimana tindakan polisi di Indonesia menyebabkan naksir mematikan di stadion

Investigasi media Amerika Serikat 'The Washington Post' mengenai tragedi Kanjuruhan.

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
Foto: network /Muhammad Subarkah
.

Tribun 8 di stadion Kanjuruhan, di mana pintu keluar diblokir pada malam bencana. Foto: Adi Renaldi untuk The Washington Post.
Tribun 8 di stadion Kanjuruhan, di mana pintu keluar diblokir pada malam bencana. Foto: Adi Renaldi untuk The Washington Post.

Rentetan besar-besaran amunisi gas air mata yang ditembakkan oleh polisi Indonesia ke penggemar sepak bola memicu kecelakaan fatal di Malang akhir pekan lalu yang menewaskan sedikitnya 130 orang, menurut investigasi Washington Post.

Penembakan sedikitnya 40 amunisi ke arah kerumunan dalam rentang waktu 10 menit, yang melanggar protokol nasional dan pedoman keamanan internasional untuk pertandingan sepak bola, membuat penggemar mengalir ke pintu keluar. Amunisi termasuk gas air mata, flash bang dan flare.

Banyak penggemar terinjak-injak sampai mati atau tertimpa tembok dan gerbang logam karena beberapa pintu keluar ditutup, menurut penyelidikan. Polisi Nasional Indonesia tidak menanggapi permintaan komentar berulang kali.

Tinjauan tersebut — berdasarkan pemeriksaan lebih dari 100 video dan foto, wawancara dengan 11 saksi dan analisis oleh pakar pengendalian massa dan pembela hak-hak sipil — mengungkapkan bagaimana penggunaan gas air mata oleh polisi dalam menanggapi beberapa ratus penggemar yang memasuki lapangan menyebabkan kerugian besar. gelombang di ujung selatan stadion Kanjuruhan, di mana korban selamat mengatakan sebagian besar kematian terjadi. Beberapa pintu terkunci, kata saksi mata, yang semakin memicu kepanikan. Ini dikonfirmasi oleh presiden negara itu, yang telah memerintahkan peninjauan keamanan stadion di negara itu.

Hingga Kamis, para pejabat mengatakan 131 orang telah meninggal, termasuk 40 anak-anak. Kelompok hak asasi manusia, termasuk Amnesty International Indonesia, mengatakan jumlah korban di Kabupaten Malang di Indonesia bisa mencapai 200 orang.

Pemerintah Indonesia telah menyerukan penyelidikan atas insiden tersebut, yang merupakan salah satu bencana kerumunan paling mematikan yang pernah tercatat. Pejabat kepolisian provinsi mengatakan penggunaan gas air mata mereka dibenarkan karena “ada anarki,” tetapi para ahli pengendalian massa yang meninjau rekonstruksi video yang disediakan oleh The Post tidak setuju.

Kapolsek Malang dan sembilan petugas lainnya diberhentikan pada hari Rabu karena peran mereka dalam bencana tersebut. 18 petugas lainnya juga sedang diselidiki.

Tanggapan polisi tersebut melanggar protokol Persatuan Sepak Bola ISelurh ndonesia (PSSI) yang menyatakan bahwa semua pertandingan harus mematuhi ketentuan keamanan yang ditetapkan oleh FIFA, badan pengatur sepak bola dunia. FIFA melarang "gas pengendali massa" digunakan di dalam stadion dan mengamanatkan bahwa gerbang keluar dan pintu keluar

Video yang disediakan secara eksklusif untuk The Post menunjukkan bahwa polisi, tak lama setelah pertandingan berakhir, menembakkan setidaknya 40 amunisi tidak mematikan ke penggemar baik di lapangan atau di tribun. Sebagian besar gas melayang menuju bagian tempat duduk, atau "tribun", 11, 12 dan 13.

Tanda panah menunjukan arah angin, kotak putih (letak pintu ke luar), kotak merah (letak tribun 11,12, 13.)
Tanda panah menunjukan arah angin, kotak putih (letak pintu ke luar), kotak merah (letak tribun 11,12, 13.)

Polisi yang berdiri di depan seksi 13 menembakkan gas air mata ke lapangan dan naik ke tribun, mendorong ribuan penonton untuk mengungsi dari tempat duduk mereka, video menunjukkan. Kemacetan terbentuk di pintu keluar, yang hanya cukup lebar untuk dilewati satu atau dua orang sekaligus, kata saksi mata.

Clifford Stott, seorang profesor di Universitas Keele di Inggris yang mempelajari kepolisian penggemar olahraga, meninjau video yang disediakan oleh The Post dan mengatakan bahwa apa yang terjadi di Kanjuruhan adalah akibat langsung dari tindakan polisi yang dikombinasikan dengan manajemen stadion yang buruk. Bersama dengan pakar pengendalian massa lainnya dan empat pembela hak-hak sipil, dia mengatakan penggunaan gas air mata oleh polisi tidak proporsional.

"Menembakkan gas air mata ke tribun penonton saat gerbang terkunci kemungkinan besar tidak akan menghasilkan apa-apa selain korban jiwa dalam jumlah besar," katanya. "Dan itulah yang terjadi."

Pukul 21:39 pada Sabtu, wasit meniup peluit akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, tim rival di provinsi Jawa Timur. Sebagian besar penonton adalah fans Arema FC, tim tuan rumah, yang kalah dari Persebaya untuk pertama kalinya dalam 23 tahun. Saat pemain Arema mulai meninggalkan lapangan, beberapa suporter melompati pembatas untuk mendekati mereka.

Sekitar pukul 21:45, ratusan penonton sudah berada di lapangan.

Dua menit setelah para pemain dikawal keluar lapangan, petugas keamanan yang menjaga pintu keluar mulai mendorong mundur kerumunan, membubarkan para penggemar. Ketegangan meningkat dengan cepat.

Petugas di pertandingan sepak bola di Indonesia di mana lebih dari 100 orang tewas pada 1 Oktober mengejar kerumunan penggemar di lapangan dan memukul mereka dengan tongkat. (Video: Kiri: Radio Ahmad Hendra/RCBFM, Kanan: Twitter)

Petugas berseragam militer mulai mendorong penggemar kembali ke bagian 11, 12 dan 13, menendang mereka dan memukul mereka dengan tongkat dan perisai anti huru hara. Beberapa penonton terjatuh saat mereka mencoba memanjat pagar besi dan kembali ke tribun.

Sekitar pukul 21:50, polisi meningkatkan gas air mata dan flash bang. Asap yang disebabkan oleh suar dan gas melayang ke arah bagian tempat duduk selatan, video menunjukkan.

Penonton di bagian 9 dan 10 mengatakan kepada The Post bahwa mereka batuk dan mata mereka mulai berkaca-kaca. Di bagian 12 dan 13, barisan orang hampir seluruhnya diselimuti oleh bahan kimia. Teriakan dari tribun 13 bergema melalui tribun, kata saksi.

Elmiati duduk di seksi 13 Stadion Kanjuruhan bersama suami dan putranya yang berusia 3 tahun akhir pekan lalu di Malang, Indonesia. 
Elmiati duduk di seksi 13 Stadion Kanjuruhan bersama suami dan putranya yang berusia 3 tahun akhir pekan lalu di Malang, Indonesia.

“Gasnya terbakar,” kenang Elmiati, 33 tahun. Dia duduk di dekat pintu keluar di bagian 13 bersama suami dan putranya yang berusia 3 tahun tetapi dipisahkan dari mereka selama kekacauan itu. Keduanya meninggal karena luka-luka malam itu.

“Mereka terus menembak ke tribun tetapi orang-orang di sana tidak tahu apa yang terjadi,” kata Elmiati, yang seperti kebanyakan orang Indonesia hanya menggunakan satu nama. “Bukan kami yang berlari ke lapangan.”

Saat gas dan asap mengepul melalui bagian 12 dan 13, banyak penonton melompat kembali ke lapangan untuk menghindarinya, menurut 10 saksi yang diwawancarai oleh The Post. Orang lain yang mencoba pergi menemukan pintu keluar terhalang, mendorong mereka untuk melompat ke lapangan juga, mencari jalan keluar lain.

Petugas kemudian menembakkan lebih banyak gas air mata ke ujung selatan stadion, beberapa langsung ke tribun.

Asap tertutup berdiri di sisi selatan stadion sepak bola di Indonesia di mana lebih dari 100 orang tewas pada 1 Oktober (Video: Kiri: Diperoleh oleh The Washington Post, Kanan: Twitter)

“Semua orang panik. Pendukung panik karena ingin keluar, aparat juga panik,” kata Ari Bowo Sucipto, fotografer lokal di lokasi kejadian. “Kedua belah pihak panik dan itu menjadi siklus.”

Ranto Sibarani, seorang pengacara hak asasi manusia di Medan, Indonesia, yang meninjau rekaman video, mengatakan pihak berwenang tampaknya menembakkan amunisi tidak mematikan "secara sporadis" dan tanpa strategi yang jelas. Ada kekuatan lokal, nasional dan militer di lapangan, dan tidak jelas siapa yang bertanggung jawab. Hasilnya adalah penggunaan bahan kimia yang masif dan tidak terkoordinasi, kata Sibarani.

Petugas mengerahkan amunisi tidak mematikan ke arah para penggemar di sebuah stadion sepak bola di Indonesia, di mana lebih dari 100 orang tewas pada 1 Oktober. (Video: Ahmad Hendra/radio RCBFM)

Wirya Adiwena, Wakil Direktur Amnesty International Indonesia, mengatakan tindakan polisi mencerminkan masalah sistemik dalam penegakan hukum Indonesia. Laporan Amnesty pada tahun 2020 mendokumentasikan 43 insiden kekerasan polisi selama protes, termasuk video yang menunjukkan petugas menggunakan gas air mata di ruang sempit dan menembakkan meriam air dari jarak dekat.

“Ini bukan hanya tanggung jawab orang-orang yang mengayunkan tongkat estafet,” katanya, “tetapi juga orang-orang yang membiarkan prosedur seperti ini dilaksanakan berulang kali.”

Tanda kotak (putih) pintu keluar, area masa yang terblokade, kotak hitam (area tempat kerumunanah)), kotak (merah) area masa meninggal.
Tanda kotak (putih) pintu keluar, area masa yang terblokade, kotak hitam (area tempat kerumunanah)), kotak (merah) area masa meninggal.

Tetapi para ahli pengendalian massa mencatat bahwa pada saat polisi mulai menembakkan gas air mata, permainan telah berakhir selama sekitar 11 menit.

Penyelidik polisi, mengutip ulasan mereka tentang video pengawasan enam dari 14 gerbang di stadion, mengatakan Selasa bahwa pintu-pintu terbuka tetapi terlalu sempit untuk menangani massa orang yang keluar.

Seorang wanita berdiri di dekat gerbang rusak di stadion Kanjuruhan, di mana kejadian maut pecah pada 1 Oktober. Grafiti itu berbunyi, “Selamat tinggal saudaraku.” (Achmad Ibrahim/AP)
Seorang wanita berdiri di dekat gerbang rusak di stadion Kanjuruhan, di mana kejadian maut pecah pada 1 Oktober. Grafiti itu berbunyi, “Selamat tinggal saudaraku.” (Achmad Ibrahim/AP)

Foto dan video juga menunjukkan beberapa pintu di sekitar stadion bengkok dan bengkok setelah insiden itu.

“Saya telah melihat rekaman video gerbang baja berat yang telah bengkok karena tekanan. Yah, mereka hanya bisa ditekuk oleh tekanan jika mereka terkunci rapat, ”kata Stott. Pintu keluar yang terbuka di beberapa tempat terhalang oleh orang-orang yang pingsan atau tersandung, kata saksi mata.

Bhaitul Rohman, 27, mengatakan dia keluar melalui pintu keluar di seksi 3 sebelum pergi ke seksi 4 untuk membantu orang lain yang terjebak.

"Saya melihat sekitar 20 orang hanya bertumpuk satu sama lain," katanya. "Saya merasakan tangan memegang kaki saya dan melihat seorang pria yang tidak bisa keluar dari bawah tumpukan mayat."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement