Kamis 06 Oct 2022 20:24 WIB

TransNusa Terbang Perdana Layani Rute Jakarta-Yogyakarta-Bali

TransNusa merupakan maskapai bertarof rendah.

Red: Nidia Zuraya
Salah satu pesawat milik Transnusa tengah mengisi avtur (ilustrasi).
Foto: REUTERS/Beawiharta
Salah satu pesawat milik Transnusa tengah mengisi avtur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai penerbangan bertarif rendah (Low Cost Carrier/ LCC) TransNus meresmikan penerbangan perdananya yang menghubungkan Jakarta ke Yogyakarta kemudian kembali ke Jakarta dan berlanjut menuju Denpasar, Bali hari ini di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (6/10/2022).

Maskapai milik PT TransNusa Aviation Mandiri tersebut melakukan lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan mendarat di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) pada pukul 09.25 pagi waktu setempat.

Baca Juga

"Yogyakarta dan Denpasar merupakan dua dari banyak rute domestik Indonesia yang memiliki permintaan tertinggi. Konektivitas ini kami harapkan juga akan sekaligus mendukung perhelatan G20 pada November 2022 nanti," kata Direktur Utama TransNusa, Bayu Sutanto di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Bayu mengatakan, TransNusa melayani penerbangan Jakarta (CGK) menuju Yogyakarta (YIA) sebanyakdua kali sehari pergi pulang dan Jakarta (CGK) menuju Bali (DPS) sebanyak 5 kali sehari pergi pulang. Adapun penerbangan perdana rute domestik terbaru TransNusa (kode penerbangan 8B) dilayani menggunakan armada AIRBUS A320neo berkapasitas 168 kursi.

Jumlah kursi ini dianggap ideal karena memungkinkan maskapai menawarkan kursi penerbangan dengan ruang kaki yang lebih luas dibandingkan dengan maskapai LCC pada umumnya. TransNusa memilih A320neo menjadi armada yang digunakan juga karena pertimbangan kenyamanan serta lebih ramah lingkungan.

"Kemampuan mesin A320neo dikenal memiliki mesin yang lebih irit bahan bakar sebanyak 20 persen dan lebih sedikit mengeluarkan produksi emisi (CO2). Mesin dalam armada ini juga dirancang bisa mengurangi suara bising hingga 75 persen sehingga kabin jadi lebih senyap," ujarnya.

Bayu mengatakan, TransNusa juga mengumumkan bahwa penawaran diskon spesial hingga 25 persen diperpanjang untuk periode pesan saat ini sampai 16 Oktober 2022 dengan periode terbang langsung hingga 30 November 2022 mendatang.

Semua rute baru yang dioperasikan hadir dengan harga penawaran spesial mulai dari sekitar Rp500 ribu untuk rute Jakarta - Yogyakarta dan Rp800 ribu untuk rute Jakarta - Bali. "Kami juga menyediakan 3 opsi jenis tiket bundling, beragam menu makanan pra-pesan (pre-booked meals) dan memfasilitasi gratis 20 kg bagasi untuk seluruh penerbangan domestik," ujarnya.

Ia menjelaskan, TransNusa menawarkan 3 opsi jenis tiket bundling yang disebut SEAT untuk pilihan yang paling standard, SEATPLUS yang paling populer karena penumpang dapat memilih nomor kursi dan mendapatkan makanan, serta FLEXIPRO yang memberikan pelayanan penuh hingga fleksibilitas 2 kali perubahan tanggal dan jam penerbangan.

Sementara itu, tiket penerbangan sudah dapat dibeli melalui situs resmi maskapai di transnusa.co.id dan melalui agen perjalanan serta penjualan tiket resmi lainnya. "TransNusa senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan mengajak seluruh pelaku perjalanan agar juga memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement