Jumat 07 Oct 2022 04:50 WIB

Hadapi Real Betis di Kandang, AS Roma Malah Keok

AS Roma gagal memanfaatkan peluang untuk bisa merangsek ke puncak klasemen

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Selebrasi pemain Real Betis usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada laga Grup C Liga Europa.
Foto: (Alfredo Falcone/LaPresse via AP)
Selebrasi pemain Real Betis usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada laga Grup C Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma gagal memanfaatkan peluang untuk bisa merangsek ke puncak klasemen sementara Grup C Liga Europa, Jumat (7/10/2022) dini hari WIB. Sempat unggul terlebih dahulu, I Giallorossi malah menutup laga dengan kekalahan, 1-2, dari Real Betis dalam laga ketiga penyisihan Grup C Liga Europa. 

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, terpaksa melakukan pergantian pemain saat laga baru menginjak menit kelima. Zeki Celik mengalami cedera saat bertabrakan dengan rekan setimnya, Gianluca Mancini. Leonardo Spinazzola akhirnya dimasukan untuk menggantikan pemain asal Turki tersebut.

Baca Juga

Kondisi ini coba dimanfaatkan oleh tim tamu. Real Betis terus melancarkan serangan pada 20 menit awal laga. Namun, gol pertama di laga ini justru menjadi milik tuan rumah. Wasit memberikan Roma hadiah tendangan penalti usai Aitor Ruibal kedapatan melakukan handball di kotak penalti.

Paulo Dybala, yang ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti itu, dengan mudah menaklukan kiper Betis, Claudio Bravo, pada menit ke-34. Eks penyerang Juventus itu mengarahkan bola ke pojok kiri gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Bravo. Kendati begitu, Roma harus rela menutup laga babak pertama dengan skor imbang.

Sepakan keras Guido Rodriguez dari luar kotak penalti bersarang mulus pojok bawah gawang AS Roma, yang dikawal Rui Patricio. Gol Rodriguez pada menit ke-40 itu sekaligus menjadi gol terakhir pada babak pertama dalam laga yang digelar di Stadion Olimpico tersebut.

Persaingan sengit antara kedua tim kembali pada babak kedua. Dari segi penguasaan bola, tim tamu mampu unggul atas I Giallorossi. Namun, dari aspek ancaman ke gawang, Roma tercatat lebih superior. Total, 15 tembakan dilepaskan Tammy Abraham dan kawan-kawan di sepanjang laga, termasuk lima tembakan tepat mengarah ke gawang.

Namun, petaka buat tim tuan rumah datang saat laga tinggal tersisa dua menit lagi. Sebuah serangan Betis, yang dibangun di sisi kanan pertahanan Roma, berbuah maksimal. Umpan lambung yang dilepaskan Rodri mampu dimanfaatkan oleh Luis Henrique. Sundulan Henrique mendarat mulus di sebelah kanan atas gawang I Giallorossi.

Kegagalan memetik poin di laga ini membuat Roma tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup C . Menelan dua kekalahan dari tiga partai, Roma hanya mampu mengumpulkan tiga poin, tertinggal satu poin dari Ludogorets, yang duduk di peringkat kedua. Sebaliknya, kemenangan di laga ini membawa Betis memimpin klasemen sementara Grup C. Tim besutan Manuel Pellegrini itu memetik poin maksimal, sembilan poin, dari tiga laga awal penyisihan Grup A.

Susunan Pemain AS Roma (3-4-2-1)

Pelatih: Jose Mourinho

Kiper: Rui Patricio Belakang: Mancini, Smalling, Ibanez Tengah: Celik, Cristante, Matic, Zalewksi; Dybala, Zaniolo Depan: Abraham

Real Betis (4-2-3-1)

Pelatih: Manuel Pellegrini

Kiper: Bravo Belakang: Miranda, Felipe, Pezzella, Ruibal Tengah: Guardado, Rodriguez; Joaquin, Fekir, Canales Depan: Jose

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement