Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dua Warga Rusia yang Cari Suaka di AS Tiba di Alaska

Jumat 07 Oct 2022 05:23 WIB

Red: Esthi Maharani

Rekrutmen Rusia berjalan melewati pusat rekrutmen militer di Volgograd, Rusia. Dua warga negara Rusia yang mencari suaka di Amerika Serikat tiba di sebuah pulau terpencil di Alaska

Rekrutmen Rusia berjalan melewati pusat rekrutmen militer di Volgograd, Rusia. Dua warga negara Rusia yang mencari suaka di Amerika Serikat tiba di sebuah pulau terpencil di Alaska

Foto: AP Photo
Dua warga negara Rusia yang mencari suaka di AS tiba di sebuah pulau terpencil Alaska

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Dua warga negara Rusia yang mencari suaka di Amerika Serikat tiba di sebuah pulau terpencil di Alaska, menurut dua senator pada Kamis (6/10/2022), di tengah eksodus massal warga Rusia dari tanah air mereka.

Senator Negara Bagian Alaska Lisa Murkowski dan Dan Sullivan mengatakan bahwa keduanya tiba di pantai dekat Gambell, yang berlokasi di ujung barat laut Pulau St. Lawrence.

Gambell adalah sebuah kota kecil yang berjarak kurang dari 80 km dari daratan Rusia.

Keduanya tiba pada Selasa pagi ketika ribuan warga Rusia melarikan diri dari negara tersebut setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi massal untuk berperang di Ukraina.

"Saya terus berkomunikasi dengan Menteri DHS (Departemen Keamanan Dalam Negeri) (Alejandro) Mayorkas dan sejumlah pejabat di Perlindungan Pabean dan Perbatasan Amerika Serikat serta mengimbau mereka agar menyiapkan sebuah rencana dengan Penjaga Patroli Pantai seandainya terjadi peningkatan jumlah warga negara Rusia yang melarikan diri ke komunitas Selat Bering di Alaska," kata Sullivan lewat pernyataan.

"Insiden ini memperjelas dua hal: Pertama, warga negara Rusia tidak ingin bertempur dalam perang agresi Putin terhadap Ukraina. Kedua, mengingat kedekatan Alaska dengan Rusia, negara bagian kami memiliki peranan penting dalam mengamankan keamanan nasional Amerika," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile