Jumat 07 Oct 2022 13:50 WIB

Piala Dunia Qatar Bakal yang Terakhir Bagi Messi, Ini Alasannya

Sejauh ini Messi menunjukkan konsistensi positif di berbagai ajang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
 Pemain Argentina Lionel Messi merayakan golnya pada babak kedua pertandingan sepak bola persahabatan internasional melawan Jamaika pada Selasa, 27 September 2022, di Harrison, N.J.
Foto: AP/Eduardo Munoz Alvarez
Pemain Argentina Lionel Messi merayakan golnya pada babak kedua pertandingan sepak bola persahabatan internasional melawan Jamaika pada Selasa, 27 September 2022, di Harrison, N.J.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lionel Messi belum menunjukkan penurunan performa kendati telah berusia 35 tahun. Jumlah golnya tidak seperti di masa jayanya, tapi ia tetap memiliki pengaruh signifikan dalam permainan timnya.

Baik itu bersama Paris Saint Germain, maupun ketika mengenakan kostum Argentina. Sepanjang musim ini bergulir, Messi menunjukkan konsistensi positif di berbagai ajang. Ia juga tengah mempersiapkan diri menuju Piala Dunia 2022.

La Pulga bakal mati-matian memberikan segalanya di Qatar. Itu satu-satunya trofi yang belum ia menangkan. Ditambah lagi, ia memastikan, tidak akan tampil di ajang serupa, pada edisi berikutnya.

"Tentu saja, ini Piala Dunia terakhir Saya," kata Messi, dikutip dari BBC, Jumat (7/10).

Ia mengaku antusias menuju perhelatan tersebut. Ia sudah sering tampil di pertandingan besar. Namun, bukan berarti, ia terbebas dari rasa cemas.

Messi mengaku masih sering mengalami kegelisahan. Apalagi, jika ia memikirkan bagaimana sepak terjang mereka nantinya. Kemudian, seperti apa hasilnya.

Legenda hidup Barcelona itu sudah tampil di empat Piala Dunia. Prestasi terbaiknya yakni mencapai final 2014 di Brasil. Argentina kalah 0-1 dari Jerman.

Untungnya Messi sudah membawa negaranya menjadi jawara Copa America 2021. Itu menjadi kesuksesan terbesar bersama La Albiceleste sejauh ini. Namun jika dihitung pencapaian individu, jebolan akademi La Masia itu sudah melewati para legenda tim tango.

Ia telah membela tim nasional senior Argentina di 164 laga di berbagai ajang. Selama periode tersebut, ia mencetak 90 gol. Ia enggan sesumbar mengenai peluang timnya berjaya di Qatar.

"Di Piala Dunia, apa pun bisa terjadi. Semua pertandingan sangat sulit. Tim favorit, tidak selalu menang," ujar Messi.

Sebelum bertempur di negara timur tengah itu, La Pulga masih fokus di PSG. Sejauh musim 2022/23 bergulir ia sudah mencetak delapan gol dan menyumbang delapan assists dari 13 pertandingan bersama Les Parisiens.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement