Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Demokrat: Koalisi dengan Nasdem-PKS Sudah 90 Persen

Jumat 07 Oct 2022 08:14 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan usai memberikan keterangan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Demokrat sebut koalisi dengan Nasdem dan PKS sudah mencapai 90 persen.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan usai memberikan keterangan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Demokrat sebut koalisi dengan Nasdem dan PKS sudah mencapai 90 persen.

Foto: Republika/Prayogi
Demokrat sebut koalisi dengan Nasdem dan PKS sudah mencapai 90 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengatakan bahwa pihaknya tak ingin terburu-buru dalam meresmikan koalisi, seperti yang dilakukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Namun, perkembangan komunikasi antara partainya dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mencapai 90 persen, setelah pertemuan antara Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga

"Sementara kita bertiga ini, kita makin dekat, kapan itu Mas Willy (menyatakan) Nasdem 80 persen. Dengan ada pertemuan ini 90 persen," ujar Andi kepada wartawan, Jumat (7/10).

Ia sendiri mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan yang dilakukan Anies ke DPP Partai Demokrat. Apalagi, Partai Demokrat menjadi yang pertama dikunjunginya usai dideklarasikan Partai Nasdem sebagai calon presiden (capres).

"Ini kan baru pertemuan pertama setelah beliau dicapreskan oleh Partai Nasdem dan kita sambut baik itu dan ini beliau bertemu dengan AHY," ujar Andi.

Pertemuan Anies dan AHY hari ini, nilai Andi, menjadi momen keduanya menyatukan pandangan. Ia melihat, keduanya memiliki hubungan yang dapat saling melengkapi.

"Tampaknya chemistry cocok ini, tentu Mas Anies masih perlu bicara juga dengan PKS, setelah itu dengan Nasdem lagi, gitu kan. Kita liat aja, mudah-mudahan makin depan," ujar Andi.

Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden (capres) Partai Nasdem, Anies Baswedan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam kesempatan tersebut, ia menilai bahwa AHY adalah sosok yang ingin melanjutkan kesuksesan yang dibangun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kita ingin tradisi itu terus terjaga, tradisi menjaga demokrasi, sportifitas, kesetaraan dalam semua aspek. Jadi dalam diskusi, kita kita ingin bicara gimana ada keberlanjutan atas apapun yang sudah dilakukan, tapi kita harus melakukan perubahan untuk kebaikan bagi semuanya," ujar Anies di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10).

Anies sendiri sudah mengenal AHY sejak dirinya masih bertugas di TNI. Saat itu, ia juga kerap berkomunikasi dengan orang-orang yang berada dalam partai berlambang bintang mercy itu.

"Karena interaksi panjang terbangun intimacy, trust. Maka perjalanan panjang bisa kita lewati bersama-sama," ujar Anies.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile