Jumat 07 Oct 2022 18:34 WIB

Juru Bicara: Zelenskyy Bahas Sanksi Saat Berbicara tentang Serangan Preventif

Zelensky menegaskan perlunya sanksi preventif untuk Rusia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.
Foto: AP Photo/Andrew Kravchenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Juru bicara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy,  Serhii Nykyforov mengatakan Zelenskyy merujuk pada sanksi saat berbicara tentang serangan preventif nuklir Rusia. Pernyataan itu disampaikan dalam pidato acara lembaga think-tank Australia, Lowy Institute.  

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, pernyataan Zelenskyy mengonfirmasi perlunya Moskow menggelar 'operasi khusus' ke Ukraina. "Rekan-rekan, anda terlalu jauh pada histeria nuklir kalian dan sekarang anda mendengar serangan nuklir yang bahkan tidak ada nuklirnya," kata Nykyforov di Facebook, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga

"Presiden berbicara tentang sama sampai (invasi Rusia ke Ukraina) pada 24 Februari, kemudian perlu untuk menerapkan langkah preventif untuk mencegah Rusia memulai perang, mari saya ingatkan kalian satu-satunya langkah saat itu adalah sanksi preventif," katanya.

Nykyforov mengatakan, petunjuk penggunaan nuklir 'hanya diberikan negara teroris Rusia.' "Anda tidak akan pernah mendengar seruan itu dari Ukraina," katanya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ اللّٰهُ لِيَذَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلٰى مَآ اَنْتُمْ عَلَيْهِ حَتّٰى يَمِيْزَ الْخَبِيْثَ مِنَ الطَّيِّبِ ۗ وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُطْلِعَكُمْ عَلَى الْغَيْبِ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَجْتَبِيْ مِنْ رُّسُلِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ ۖ فَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖ ۚ وَاِنْ تُؤْمِنُوْا وَتَتَّقُوْا فَلَكُمْ اَجْرٌ عَظِيْمٌ
Allah tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman sebagaimana dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia membedakan yang buruk dari yang baik. Allah tidak akan memperlihatkan kepadamu hal-hal yang gaib, tetapi Allah memilih siapa yang Dia kehendaki di antara rasul-rasul-Nya. Karena itu, berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Jika kamu beriman dan bertakwa, maka kamu akan mendapat pahala yang besar.

(QS. Ali 'Imran ayat 179)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement