Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Air Galon Kemasan Polikarbonat Juga Masih Digunakan di Arab Saudi Hingga Qatar 

Jumat 07 Oct 2022 22:25 WIB

Rep: Novita Intan / Red: Nashih Nashrullah

Air kemasan galon (ilustrasi). Penggunaan air galon kemasan polikarbonat di Arab Saudi dinilai masih aman

Air kemasan galon (ilustrasi). Penggunaan air galon kemasan polikarbonat di Arab Saudi dinilai masih aman

Foto: Istimewa
Penggunaan air galon kemasan polikarbonat di Arab Saudi dinilai masih aman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Air minum yang higienis dan sehat telah menjadi kebutuhan masyarakat, karena berkaitan erat dengan kesehatan dan kebugaran. 

Menjadi kesimbangan cairan dalam tubuh untuk menghindari hidrasi menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan terutama mereka yang sedang melakukan ibadah umroh atau haji di Makkah dan Madinah. 

Baca Juga

Di Hotel Millennium Al Aqeeq Madinah, misalnya, menyediakan air minum di restoran tempat makan jamaah umrah dan haji menyediakan air minum merek Al Manhal dalam kemasan Galon Polikarbonat. 

“Kami semua jamaah umroh di Madinah minum air dari galon dapat makan minum di hotel karena air zamzam hanya tersedia di Masjid Nabawi,” kata Suryana Isak, jamaah umrah asal Indonesia yang sedang berada di Madinah dalam rangkaian ibadah umrah. 

Kebutuhan air minum bagi jamaah umroh menjadi hal yang sangat penting karena saat ini suhu siang hari di Madinah mencapai lebih dari 37 derajat celcius. 

Kebutuhan makan minum jamaah disediakan di hotel tiga kali sehari. Saat ini banyak restoran yang masih tutup sebagai dampak pandemi, termasuk restoran Indonesia di sekitar Masjid Nabawi Madinah. 

Selain di Arab Saudi, beberapa negara Islam seperti Qatar dan Oman juga memiliki produk air kemasan dalam galon polikarbonat. Di Qatar, ada merek Safa Water yang tersedia dalam aneka kemasan termasuk galon. Qatar akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2022 pada mendatang. 

Jalal Akrom, jamaah lain mengaku minum air kemasan galon polikarbonat di Madinah, seperti yang dia minum juga di Indonesia dan tidak terusik dengan isu BPA pada galon guna ulang. 

Apalagi sekarang dia melihat langsung bahwa Arab Saudi juga menggunakan galon guna ulang berbahan polikarbonat untuk penyediaan air minum bagi jamaah umrah yang setiap tahun mencapai puluhan juta jemaah dari seluruh dunia. 

“Kalau memang galon guna ulang berbahaya tentu Arab Saudi sudah mengganti dengan kemasan lain, dan pasti mereka akan sangat serius menangani hal ini. Tidak mungkin lah pemerintah Arab Saudi ingin membahayakan miliaran tamu tamu Allah yang sudah berpuluh-puluh tahun menggunakan galon Polikarbonat,” ujar Jalal. 

Selain Qatar, negara lain yang menggunakan galon isi ulang berbahan PC adalah Turki. Di Turki salah satu merek galon air minum yang terkenal adalah Sirma.   

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile