Sabtu 08 Oct 2022 17:45 WIB

Tottenham Hotspur Vs Brighton, Perang Ideologi Dua Pelatih Italia di Tanah Inggris

Ada perbedaan besar antara ideologi sepak bola Antonio Conte dan Roberto De Zerbi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Brighton, Roberto De Zerbi.
Foto: EPA-EFE/CARMELO IMBESI
Pelatih Brighton, Roberto De Zerbi.

REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON -- Dua sosok pelatih asal Italia beradu nasib di gelaran sepak bola tertinggi tanah Inggris. Antonio Conte berpacu untuk membawa kesuksesan bersama Tottenham Hotspur. Pun, dengan Roberto De Zerbi yang mengemban tugas sebagai juru taktik Brighton and Hove Albion.

Kedua tim akan saling bertarung pada lanjutan pekan kesembilan Liga Primer Inggris 2022/2023 di Amex Stadium, Sabtu (8/10/2022) malam nanti.

Baca Juga

Meski sama-sama berasal dari Negeri Pasta Italia, terdapat perbedaan yang besar antara ideologi sepak bola Antonio Conte dengan Roberto De Zerbi. Lahir sekitar 10 tahun dan terpisah 1.000 kilometer, latar belakang sepak bola keduanya sangat kontras.

Conte memiliki nasib kepelatihan yang terbilang lebih mujur ketimbang sang rival, De Zerbi. Eks pemain Juventus tersebut berhasil membesut tim-tim papan atas Serie A Italia pascamengawali karier di klub kota kelahirannya Lecce.

Tekad besar dan etos kerja yang dimiliki Conte dibenarkan oleh beberapa pemain yang pernah bekerja sama dengannya. Conte disebut bagian dari emosi dalam sepak bola.

Sementara menengok ke karier kepelatihan Roberto De Zerbi. Allenatore berusia 43 tahun kelahiran Brescia, Bergamo tersebut tidak memiliki curriculum vitae (CV) mengilap seperti Conte.

De Zerbi lebih banyak menghabiskan waktu untuk menangani tim-tim divisi bawah bersama Foggia, Palermo, Benevento, dan puncaknya membawa Sassuolo ke kompetisi elite Serie A Italia.

Salah satu pengamat sepak bola Giancarlo Rinaldi dikutip Football Italia, Sabtu (8/10/2022) menyebut kedua pelatih memiliki visi teknis berbeda dan pertandingan Spurs versus Brighton akan menghadirkan suatu kejutan akan dua pelatih asal Italia di tanah Inggris.

De Zerbi memiliki pakem formasi tak jauh berbeda dengan meletakkan dasar permainan tiga bek sejajar. De Zerbi, dalam perspektif Giancarlo Rinaldi, mempunyai orientasi pada permainan menyerang daripada Conte.

Bukan tidak mungkin pelatih yang mengawali karier di akademi sepak bola bersama AC Milan itu bakal menjadi ahli taktik populer di tahun-tahun mendatang. Teranyar, De Zerbi sukses membawa Brighton menahan imbang tim raksasa Liverpool dengan skor 3-3 di Stadion Anfield awal bulan Oktober 2022 lalu.

Adapun pertandingan nanti bisa membuka peluang untuk Brighton menempel ketat Spurs di tangga klasemen Liga Inggris. Pasalnya, kedua tim hanya berjarak tiga poin dengan the Lilywhites duduk di kursi ketiga.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement