Senin 10 Oct 2022 08:30 WIB

Hujan tak Halangi Muslim Malaysia Rayakan Maulid Nabi Muhammad

Muslim Malaysia peringati Maulid Nabi Muhammad.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Muslim Malaysia peringati Maulid Nabi Muhammad. Foto:  Masjid Ar Rahman Malaysia
Foto: About Islam
Muslim Malaysia peringati Maulid Nabi Muhammad. Foto: Masjid Ar Rahman Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR -- Sejak Ahad (9/10/2022) umat Islam merayakan Maulid Nabi Rasul dengan parade dan acara shalawat untuk mengenang Nabi Muhammad dalam menyebarkan Islam.

Melansir laman bernama.com, di Melaka, gerimis pagi tidak menyurutkan semangat lebih dari lima ribu peserta dari 118 kontingen yang mengikuti pawai sepanjang dua kilometer dari Stadion Tun Fatimah, Bukit Serindit menuju Melaka Islamic Center melalui Jalan Taman Bandaraya-Jalan Bukit Piatu-Jalan Bukit Baru.

Baca Juga

Raja Melaka Tun Mohd Ali Rustam, Ketua Menteri Datuk Seri Sulaiman Md Ali, Sekretaris Negara Datuk Zaidi Johari dan jajaran pemimpin negara bagian juga bergabung dalam pawai.

Sedangkan di Perak, Sultan Nazrin Syah mengatakan warisan Nabi Muhammad SAW harus dilestarikan kembali dengan gerakan pembangunan ummat dengan melibatkan lebih banyak pemuda.

"Pemuda perlu dipercaya untuk menjadi yang terdepan, menyuntikkan dinamisme baru dan memainkan peran penting sebagai agen perubahan. Kehadiran remaja harus diakui dalam rangka melaksanakan program pengembangan masyarakat yang lebih kontemporer dan relevan dengan kebutuhan dan tantangan saat ini," kata Sultan Perak pada acara Maulid Nabi tingkat negara di Gedung Perak Darul Ridzuan di Ipoh.

Dalam acara tersebut, Sultan Nazrin juga memberikan penghargaan kepada pengurus masjid, khatib, Keluarga Mithali, tokoh LSM dan praktisi media.

Di Selangor, Sultan Sharafuddin Idris Shah meluncurkan Akademi Literasi Al quran Negeri Selangor yang didirikan di bawah Departemen Agama Islam Selangor (JAIS) dan bertujuan untuk memberikan perhatian serius untuk meningkatkan jumlah muslim yang terampil dalam membaca dan mengajar, serta mampu mengamalkan dan membaca Alquran dengan indah.

Di Trengganu, sebanyak 2.340 peserta dari 78 kontingen berjalan sejauh 3,4 km mulai dari Lapangan Sintetis Kampung Tok Jiring hingga Kompleks Olahraga Terengganu di Gong Badak.

Sultan Terengganu Sultan Mizan Zainal Abidin dan Sultan Terengganu Sultanah Nur Zahirah serta Yang Dipertuan Muda Terengganu Tengku Muhammad Ismail Sultan Mizan Zainal Abidin hadir dalam acara Maulidur Rasul yang diadakan di Stadion Indoor Kompleks Olahraga Terengganu.

Dalam sambutannya, Sultan Mizan mengatakan perayaan Maulid nabi harus disambut oleh masyarakat sebagai pemacu semangat untuk bekerja lebih keras untuk mencapai kesuksesan hidup berdasarkan ajaran Nabi Muhammad.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement