Selasa 11 Oct 2022 23:15 WIB

Myverse Jadi Metaverse Transportasi Pertama di Indonesia

Metaverse Myverse ditargetkan jaring 20 juta user saat diluncurkan

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pembangunan metaverse Indonesia (ilustrasi).PT Solusi Sinergi Digital Tbk resmi meluncurkan versi beta ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse. Perusahaan menggandeng dua perusahaan kreatif digital global yaitu Fromlabs Pte Ltd dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture).
Foto: www.freepik.com.
Pembangunan metaverse Indonesia (ilustrasi).PT Solusi Sinergi Digital Tbk resmi meluncurkan versi beta ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse. Perusahaan menggandeng dua perusahaan kreatif digital global yaitu Fromlabs Pte Ltd dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Solusi Sinergi Digital Tbk resmi meluncurkan versi beta ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse. Perusahaan menggandeng dua perusahaan kreatif digital global yaitu Fromlabs Pte Ltd dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture). 

CEO Solusi Sinergi Digital atau Surge Hermansjah Haryono mengatakan ekosistem digital ini dapat dimanfaatkan publik mulai Senin (10/10/2022) menargetkan 20 juta user. Adapun peluncuran MyVerse versi beta ini merupakan tahap awal untuk membantu peningkatan ekonomi kreatif digital Indonesia. 

“Seluruh masyarakat dapat memanfaatkan ekosistem digital ini. Untuk membangun ekosistem di dunia metaverse tidak mudah, diperlukan latency konektivitas rendah dalam memberikan experience terbaik pengguna," ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (11/10/2022).

Menurutnya dukungan infrastruktur lengkap Surge yaitu konektivitas serat optik berkapasitas besar, edge data center, content delivery network, maupun pengalaman pengembangan aplikasi serta layanan teknologi informasi, diharapkan dapat mendukung pengembangan MyVerse secara berkesinambungan.

"Kami membuka seluas-luasnya potensi kolaborasi dengan berbagai kalangan dalam membangun ekosistem digital Indonesia yang lebih baik ke depan,” kata dia.

Pada tahap awal, Surge menargetkan potensi pengguna MyVerse yakni 20 juta pengguna moda transportasi berbasis rel maupun publik yang selama ini menikmati layanan Surge. MyVerse diharapkan memberikan peningkatan experience bagi seluruh pengguna layanan ekosistem Surge dan mendorong perluasan lini bisnis periklanan dan produk digital perseroan yang dapat berkontribusi kepada pendapatan perseroan ke depan.

Sementara itu CEO Fromlabs Pte Ltd Indra Wijaya menambahkan FromLabs menyambut baik atas diluncurkannya produk Myverse bekerja sama dengan dua entitas Indonesia yang memiliki reputasi baik di dunia kreatif dan periklanan. Saat entitas lain masih dalam tahap pemikiran dan percobaan, dalam waktu singkat kerja sama ini telah menghasilkan produk nyata yang bisa mendidik membawa masyarakat Indonesia ke ekonomi digital Web 3.0. 

“Dengan platform Our3D Space kami memperluas jangkauan dari metaverse ke masyarakat umum Indonesia lebih luas,” ucapnya.

Berdasarkan riset Fromlabs, adopsi massal merupakan kunci keberhasilan suatu ekosistem digital. Maka itu, MyVerse mengusung konsep metaverse yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat tanpa menggunakan perangkat khusus (wearable device) dalam berselancar di dalam ekosistem MyVerse. 

Aset digital yang dibangun merupakan visualisasi dari aset yang sebenarnya pada kehidupan nyata, sehingga diharapkan menjadi jembatan antara realitas dan dunia virtual. Para pengguna dapat menikmati seluruh fitur MyVerse dengan mudah seperti mendapatkan informasi secara real time, melakukan komunikasi antar pengguna, aktivitas komunitas, perdagangan, aktivitas gamifikasi, serta bisa menjadi wadah media periklanan dan hiburan atraktif. 

Didukung infrastruktur serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta hingga 64 Tbps serta edge data center di puluhan lokasi bagi kebutuhan content delivery network, diharapkan dapat memberikan experience terbaik bagi pengguna MyVerse. Sebelumnya MyVerse telah diujicobakan kepada berbagai komunitas kereta commuter Jabodetabek dengan respons positif. 

Surge juga telah berkolaborasi dengan 36 brand pada tahap awal pemanfaatan ekosistem MyVerse mulai industri ritel, pendidikan, serta keuangan dan investasi. Selain itu perusahaan juga mengundang 168.000 mitra warung dan UMKM yang selama ini memanfaatkan berbagai layanan dari Surge untuk memanfaatkan ekosistem MyVerse sebagai bentuk peningkatan pelayanan bertransaksi berbagai kebutuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement