Jumat 14 Oct 2022 12:04 WIB

Tren Belanja Daring di Pengujung Tahun

Barang yang paling banyak dibeli melalui aplikasimobiletahun ini adalah skincaredanmake-up, pakaian, aksesoris, sertagawai.

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
Foto: network /Vidita
.

Unsplash/Freestocks
Unsplash/Freestocks

Memasuki musim liburan akhir tahun, kegiatan belanja daring pun diperkirakan akan meningkat. InMobi, penyedia layanan konten, monetisasi, dan teknologi marketing merilis laporan terbarunya yang berjudul The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide.

Laporan ini dibuat berdasarkan survei terhadap 1.009 pengguna smartphone di Indonesia. Survei menyajikan wawasan mendalam mengenai kecenderungan belanja konsumen menjelang masa liburan di Indonesia, Singapura, Filipina dan Asia Tenggara.

Indonesia adalah salah satu pasar mobile dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Hal ini menjadikan belanja melalui mobile tumbuh pesat, di masa liburan.

Sebanyak 40 persen responden mengungkapkan, adanya penurunan pendapatan rumah tangga. Selain itu, lebih dari 80 persen responden berencana meningkatkan atau mempertahankan anggaran belanja mereka dibandingkan tahun lalu.

Laporan ini menemukan, aplikasi mobile telah mengambil alih belanja desktop dan in-store sebagai saluran belanja pilihan di Indonesia. Sebanyak 77 persen responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile.

Selain itu, di tahun ini lima dari 10 responden mengungkapkan mereka baru mencoba model pembayaran digital. Laporan ini juga menyoroti pengalaman belanja dan perilaku pembelian daring, konsumen Indonesia dapat dikategorisasi menjadi tiga tipe, yaitu Category Explorers (45 persen), Bargain Hunters (32 persen) dan Brand Lovers (23 persen).

“Dengan prevalensi dan pertumbuhan mobile shopping di Indonesia, brand dapat memprioritaskan mobile sebagai marketing channel yang matang dan efektif untuk mendekati konsumen," ujar Managing Director, Asia Pacific InMobi, Rishi Bedi.


Unsplash/Amy S
Unsplash/Amy S

Masa liburan yang selalu identik dengan penjualan, ia melanjutkan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile. Brand pun dapat memanfaatkan strategi keterlibatan mobile-first secara proaktif menangkap pangsa pasar selama periode kompetitif ini.

Menurut Rishi, dalam laporan InMobi terbaru, beberapa preferensi belanja konsumen untuk musim liburan di Indonesia, antara lain:

1. Barang yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia melalui aplikasi mobile tahun ini adalah produk skincare dan make-up, pakaian dan aksesoris, serta gawai.

2. Event penjualan paling penting dan populer yang akan datang di Indonesia adalah 11.11 dan 12.12. Di dua momen belanja ini, semua tipe pembelanja biasanya berencana untuk melakukan pembelian dari berbagai perjalanan belanja mereka di marketplace.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement