Sabtu 15 Oct 2022 19:15 WIB

Erick Thohir Dinilai Sosok yang Tepat Lanjutkan Program Presiden Jokowi

Erick disebut yang bisa membuat rasa aman Pak Jokowi untuk melanjutkan program kerja.

Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Dok Erick Thohir
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menilai Menteri BUMN RI Erick Thohir sebagai sosok yang tepat melanjutkan program kerja Presiden Jokowi. Tanda-tanda itu terlihat setelah Presiden Jokowi sering bersama Erick Thohir sehingga semakin menguatkan keinginan Jokowi meneruskan tongkat kepemimpinan kepada Erick.

“Erick Thohir salah satu tokoh yang bisa membuat rasa aman Pak Jokowi juga jadi untuk keberlanjutan program-program gitu kan Pak Jokowi ini kan butuh rasa aman,” tutur Igor di Jakarta, Sabtu (15/10/2022)

Menurut dia Erick Thohir sangat bisa untuk meneruskan program dan kebijakan Presiden Jokowi setelah akhir masa jabatan. Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini bahkan menyandang posisi sebagai menteri terbaik dan kepercayaan Presiden Jokowi.

Terbukti, Erick Thohir berhasil menjalankan tugas dalam penanggulangan pandemi, pemulihan ekonomi nasional dan membersihkan BUMN dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Dalam penanggulangan pandemi, tokoh pemimpin yang dikenal kerja nyata tersebut berhasil melakukan diplomasi luar negeri dengan berbagai negara dan berhasil membawa jutaan vaksin covid-19 untuk masyarakat Indonesia. "Alhasil saat ini jutaan masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksin pertama, kedua hingga booster tanpa biaya berkat Erick Thohir," kata dia.

Di bidang pemulihan ekonomi nasional Erick Thohir bergerak cepat dengan menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur kepada masyarakat agar dapat bertahan dalam badai pandemi. Ia memudahkan akses pendanaan untuk menghidupkan usaha masyarakat di sektor usaha mikro, kecil, menengah dan pertanian.

Di samping itu, Erick Thohir yang juga dikenal sebagai pemimpin bersih dan anti korupsi berhasil membongkar kasus korupsi di tubuh perusahaan-perusahaan BUMN. Berkolaborasi bersama Kejaksaan Agung, Polri, KPK dan BPKP dalam program bersih-bersih BUMN, ia berhasil menyelesaikan kasus Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, PLN dan Krakatau Steel.

Karenanya Erick Thohir dinilai sangat potensial untuk meneruskan program dan kebijakan Presiden Jokowi setelah masa jabatan nanti berakhir. “Erick Thohir ini potensi dia potensi karena dia bisa, sekarang itu kan isunya yang paling penting itu apakah publik melihat bahwa tokoh yang akan datang kepemimpinan nasional yang akan datang di 2024 pasca Jokowi lengser itu continuity atau keberlanjutan atau change jadi continuity atau change,” ucap Igor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement