Selasa 18 Oct 2022 00:19 WIB

Akhlak Nabi Muhammad yang Perlu kita Teladani

Nabi Muhammad SAW adalah contoh terbaik tentang orang yang baik dalam bergaul.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Nabi dan Rasul. Akhlak Nabi Muhammad yang Perlu kita Teladani
Foto: Dok Republika
Ilustrasi Nabi dan Rasul. Akhlak Nabi Muhammad yang Perlu kita Teladani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaidah bertetangga itu sama di semua negara, semua bangsa, juga di semua budaya; bahwa orang yang baik dengan tetangga, murah senyum, tidak jarang berkunjung, suka menyapa, ramah, dan rajin berbagi pastinya akan mendapat kebaikan pula dari sekelilingnya. Dan begitu juga sebaliknya, siapa yang jahat terhadap tetangga, buruk sikap, kasar perangai, pelit senyum, dan ogah menyapa, begitu juga yang akan ia dapatkan dari sekelilingnya.

Orang yang baik terhadap tetangga, pastinya akan banyak disukai oleh tetangga lainnya. Dan bentuk kebaikan yang diperoleh pun bisa bermacam macam, seperti dikirimi makanan oleh tetangga, ketika ada keperluan, tidak sedikit tetangga yang rela menolong. Ketika susah pun banyak tangan tetangga yang menjulur sambil menawarkan bantuan. Begitu yang biasanya didapatkan oleh orang baik, dan itu semua kita saksikan di tengah masyarakat kita.

Baca Juga

 

Dalam buku Muhammad: Manusia yang Tidak Seperti Manusia karangan Ahmad Zarkasih terbitan Rumah Fiqih Publishing disebutkan dalam hal bertetangga, Nabi Muhammad SAW adalah contoh terbaik tentang orang yang baik dalam bergaul terhadap tetangga, sehingga menjadi tokoh yang dicintai bagi tetangga. Jelas bahwa tidak ada larangan bagi kaum Muslim untuk berbuat baik kepada non-Muslim, bertetangga, bergaul juga bersahabat, selama memang non-Muslim tersebut tidak mengajak kepada kemaksiatan atau juga tidak melarang kita untuk beribadah.