Rabu 19 Oct 2022 15:57 WIB

Membawa Brand Lokal ke Ajang Fashion Dunia

Tokopedia berupaya membantu pegiat usaha lokal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Muhammad Hafil
Acara Tokopedia Dukung Brand Lokal ke Ajang Fashion Dunia.
Foto: Republika/Santi Sopia
Acara Tokopedia Dukung Brand Lokal ke Ajang Fashion Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tokopedia berupaya membantu pegiat usaha lokal, termasuk di bidang fashion dan kecantikan, untuk memulai dan membangun bisnis hingga meraja di negeri sendiri. Pegiat usaha lokal didorong agar setara dengan brand kelas dunia.

“Tokopedia telah mengawal berbagai merek lokal fashion dan kecantikan, seperti Heaven Lights, Wearing Klamby, Erigo, Jewel Rocks dan BLP Beauty, untuk menampilkan produk di berbagai ajang dunia,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Baca Juga

Pada September 2022, koleksi Heaven Lights dan Erigo sukses disorot dalam perhelatan New York Fashion Week (NYFW), sedangkan Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London Fashion Week (LFW). Sementara Jewel Rocks dan BLP Beauty melenggang di Paris Fashion Week (PFW) trade show di awal Oktober 2022.

Head of PR and Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender mengatakan, berkat Tokopedia dan KBRI New York, Heaven Lights bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah global. Khususnya melalui NYFW, Heaven Lights mengusung fashion muslim dan modest wear.

“Koleksi yang kami pamerkan di ajang fesyen dunia tersebut mengambil inspirasi dari Papua,” kata Anastasia.

Founder and CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, menyinggung dukungan Tokopwdia terhadap BLP Beauty yang berhasil memperkenalkan produk kecantikan lokal di panggung dunia lewat PFW. Di perhelatan bergengsi ini, BLP Beauty menjadi brand lokal kecantikan pertama yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency ​​untuk menampilkan koleksi bersama dengan brand lain dari Asia Tenggara.

“Kalau Korea bisa punya K-Beauty, Indo-Beauty juga punya potensi besar untuk mendunia,” ujar Lizzie.

Tokopedia ingin mempermudah masyarakat menemukan dan memakai berbagai produk lokal fashion dan kecantikan demi mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Misalnya melalui widget khusus di halaman pertama Tokopedia ‘Bangga Lokal’ yang berisi produk dari pegiat usaha lokal untuk mengajak lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal. Koleksi yang ditampilkan para brand lokal di sejumlah ajang dunia, juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli lewat Tokopedia.

Ada pula berbagai kampanye yang menjadi panggung bagi pegiat usaha lokal lain di bidang serupa, eperti Parade Lokal, Women in Style, Modest on Trend, Tokopedia Beauty Dealight, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement