Rabu 19 Oct 2022 16:35 WIB

Dominasi Pelatih Asal Italia di Posisi Lima Besar dalam Daftar 50 Pelatih Terbaik Dunia

Selain Ancelotti, Pioli dan Conte juga masuk dalam posisi lima besar.

Red: Endro Yuwanto
Pelatih Real Madrid asal Italia, Carlo Ancelotti, dinobatkan masuk dalam daftar 50 pelatih terbaik dunia.
Foto: EPA-EFE/Sergio Perez
Pelatih Real Madrid asal Italia, Carlo Ancelotti, dinobatkan masuk dalam daftar 50 pelatih terbaik dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tiga pelatih asal Italia berhasil menembus lima posisi teratas dalam daftar 50 pelatih terbaik dunia versi majalah sepak bola terkemuka, Four Four Two. Selain Carlo Ancelotti, yang kini menangani Real Madrid, Stefano Pioli dan Antonio Conte juga masuk dalam posisi lima besar.

Dalam menyusun daftar 50 pelatih terbaik dunia tersebut, Four Four Two melakukan penilaian selama setahun terakhir. Sejumlah aspek menjadi bahan pertimbangan tim Four Four Two dalam menyusun daftar ini, mulai dari kemampuan meramu taktik dan strategi, barisan pemain yang dimiliki, hingga torehan prestasi.

Baca Juga

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menempati urutan teratas dalam daftar yang dirilis oleh majalah sepak bola yang berbasis di Inggris tersebut. Selain soal inovasi taktik, pelatih asal Spanyol itu mampu membawa the Citizens tampil konsisten dalam persaingan perebutan gelar juara bergengsi.

Namun, salah satu sorotan terbesar dalam daftar ini adalah dominasi pelatih asal Italia di posisi lima besar. Carlo Ancelotti menempati peringkat kedua, kemudian diikuti Stefano Pioli di peringkat keempat dan Antonio Conte di posisi kelima. Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menempati peringkat keempat.

Keberhasilan Ancelotti membawa Real Madrid merengkuh titel Liga Champions musim lalu rasanya tidak bisa dikesampingkan. Prestasi itu sekaligus mengantarkan pelatih 63 tahun itu menjadi pelatih tersukses di sepanjang sejarah Liga Champions dengan koleksi empat trofi, dua gelar juara bersama Real Madrid dan dua titel saat menukangi AC Milan.

Ancelotti juga menjadi pelatih pertama yang mampu lima kali menembus partai final Liga Champions. Selain itu, eks pelatih Napoli dan Bayern Muenchen itu juga masih tercatat sebagai satu-satunya pelatih yang mampu meraih gelar juara liga di lima liga top Eropa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ اِلَيْهَاۚ فَلَمَّا تَغَشّٰىهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيْفًا فَمَرَّتْ بِهٖ ۚفَلَمَّآ اَثْقَلَتْ دَّعَوَا اللّٰهَ رَبَّهُمَا لَىِٕنْ اٰتَيْتَنَا صَالِحًا لَّنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ
Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, (istrinya) mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian ketika dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhan Mereka (seraya berkata), “Jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami akan selalu bersyukur.”

(QS. Al-A'raf ayat 189)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement