Kamis 20 Oct 2022 09:07 WIB

Ten Hag: Kemenangan Atas Spurs Lebih Berkesan Dibanding Saat Tekuk Liverpool dan Arsenal

Para pemain Man United mampu menerjemahkan taktik dan strategi Ten Hag.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Reaksi pelatih Manchester United Erik ten Hag selama pertandingan Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Reaksi pelatih Manchester United Erik ten Hag selama pertandingan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United berhasil kembali ke trek kemenangan. Menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Old Trafford, Man United menutup laga pada pekan ke-12 Liga primer Inggris dengan kemenangan, 2-0, Kamis (20/10/2022) dini hari WIB.

Meski mengakhiri babak pertama dengan skor imbang, 0-0, Man United sebenarnya mampu tampil dominan atas tamunya tersebut. Iblis Merah terus menekan pertahanan Spurs dengan melepaskan 19 tembakan, termasuk lima tembakan tepat ke arah gawang.

Baca Juga

Performa impresif kiper Spurs, Hugo Lloris, masih mampu menahan gempuran para penggawa Man United setidaknya hingga awal babak kedua. Man United akhirnya membuka keunggulan via sepakan Fred.

Bola hasil tendangan Fred sempat mengenai sejumlah pemain bertahan Spurs sebelum akhirnya mengubah arah bola. Pada menit ke-69, Man United mampu menggandakan keunggulan. Bruno Fernandes melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri atas gawang the Lilywhites.

Pada sepanjang laga, Man United total melepaskan 28 tembakan, termasuk 10 tembakan tepat mengarah ke gawang. Catatan ini jauh berbeda dari Spurs, yang hanya mampu melepaskan sembilan tembakan dan dua tempat ke arah gawang.

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag, menilai, penampilan anak-anak asuhnya di laga ini begitu sempurna. Bahkan, pelatih asal Belanda itu menyebut, dari segi performa, kemenangan atas Spurs jauh lebih berkesan ketimbang kala mengalahkan anggota the Big Six lainnya, tepatnya saat membungkam Liverpool, 2-1, dan Arsenal, 3-1.

''Kami memiliki sejumlah momen bagus di laga kontra Liverpool dan Arsenal. Namun, di laga ini, kami tampil begitu bagus sejak menit pertama hingga menit akhir. Kami begitu menikmati permainan,'' ujar Ten Hag seperti dilansir BBC, Selasa (20/10/2022).

Eks pelatih Ajax Amsterdam itu mengungkapkan, kunci keberhasilan anak-anak asuhnya dalam memetik kemenangan di laga ini tidak terlepas dari kemampuan Bruno Fernandes dan kawan-kawan dalam menerjemahkan taktik dan strategi.

''Rencananya adalah mengeksploitasi ruang di pertahanan lawan. Untuk itu, Anda harus mampu melakukan transisi permainan dengan baik. Sangat menyenangkan bisa melihat para pemain menerjemahkan rencana tersebut dengan baik,'' kata Ten Hag menjelaskan.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement