Jumat 21 Oct 2022 05:18 WIB

Granit Xhaka Pastikan Arsenal Lolos ke 16 Besar Liga Europa

Arsenal mengalahkan PSV di Grup A Liga Europa.

Red: Israr Itah
Pemain Arsenal Granit Xhaka saat mengambil tendangan bebas melawan PSV Eindhoven di Liga Europa.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Pemain Arsenal Granit Xhaka saat mengambil tendangan bebas melawan PSV Eindhoven di Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gol Granit Xhaka pada babak kedua memastikan Arsenal menang 1-0 atas PSV Eindhoven di Stadion Emirates, Jumat (21/10/2022) dini hari WIB. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan The Gunners lolos fase gugur Liga Europa.

Pasukan Mikel Arteta unggul lima poin dari PSV di puncak klasemen Grup A sebelum laga yang dijadwalkan ulang karena Ratu Elizabeth II mangkat ini digelar.

Baca Juga

Kedua belah pihak bertemu lagi dalam waktu sepekan ketika satu poin bagi Arsenal sudah cukup mengamankan posisi teratas dan lolos langsung ke babak 16 besar.

"Saya senang sekali bisa mencetak gol. Saya tidak tahu kapan terakhir kali saya mencetak gol dengan kaki kanan tapi sangat senang," kata Xhaka kepada BT Sport seperti dikutip AFP.

"Tidak masalah kaki mana atau siapa yang mencetak gol. Gol ini memberi kami kepercayaan diri dan mengantarkan kami ke level berikutnya."

Kemenangan keempat Arsenal dalam kompetisi Eropa ini membuat klub ini memenangkan 13 dari 14 pertandingan mereka dalam semua kompetisi musim ini.

"Segalanya berjalan baik sejauh ini tetapi bagi kami itu bukan kejutan, kami sudah banyak bekerja," tambah Xhaka.

"Kami menang dan kalah sebagai tim dan saat ini kami sangat berbahaya. Kami ingin lolos dan senang sekali."

Pemuncak klasemen Liga Primer ini mendominasi laga namun harus menunggu sampai 19 menit terakhir untuk memimpin ketika Takehiro Tomiyasu mengirimkan bola kepada Xhaka untuk mencetak gol ketiganya musim ini.

Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli sama-sama nyaris memperbesar keunggulan pada menit-menit terakhir. Sementara PSV yang dilatih Ruud van Nistelrooy jarang memberikan ancaman.

Arsenal yang unggul empat poin dari juara bertahan Liga Inggris Manchester City, kembali beraksi pekan ini menghadapi tuan rumah Southampton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement