16 Atlet Disabilitas Banyumas Diberangkatkan ke Kejurprov

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

Para atlet disabilitas yang akan mewakili Kabupaten Banyumas dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Olahraga Disabilitas tingkat Jawa Tengah 25-27 Oktober 2022 di Surakarta.
Para atlet disabilitas yang akan mewakili Kabupaten Banyumas dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Olahraga Disabilitas tingkat Jawa Tengah 25-27 Oktober 2022 di Surakarta. | Foto: Pemkab Banyumas

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUMAS -- Sebanyak 16 atlet disabilitas Kabupaten Banyumas siap diberangkatkan untuk mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Olahraga Disabilitas tingkat Jawa Tengah 25-27 Oktober 2022 di Surakarta.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas Soewondo menjelaskan, pihaknya dan para atlet akan berangkat pada Selasa (25/10/22). Sedangkan pada Senin (24/10/22) siang para atlet berkumpul untuk diberikan motivasi oleh jajaran pengurus NPCI.

"Kami rencana berangkat besok Selasa (25/10/2022) pagi jam 06.00 WIB, karena Pukul 13.00 harus sudah nyampe di Solo untuk melakukan klasifikasi atlet," kata Soewondo, Senin (24/10/22).

Ia menambahkan bahwa pihaknya belum memberi target kepada para atlet yang akan bertanding. Karena selain banyak atlet pemula, juga belum paham dengan kekuatan tim lain. Pihaknya hanya memotivasi atlet untuk bertanding semaksimal mungkin agar meraih prestasi terbaik.

Baca Juga

"Kami belum mentargetkan harus juara, tetapi berharap atlit bisa lolos kualifikasi agar tahun 2023 bisa bertanding pada Perpaprov, pekan olahraga para atlit tingkat provinsi Jawa Tengah," katanya.

Sementara Wakil Ketua NPCI Slamet Yulianto mengatakan, sebanyak 16 atlet NPCI Banyumas merupakan hasil penjaringan festival olahraga disabilitas dan penjaringan bakat olahraga dari penyandang disabilitas melalui tes pemanduan bakat.

"NPCI Kabupaten Banyumas melalui kegiatan festival olahraga disabilitas dan penjaringan bakat olahraga dari penyandang disabilitas, telah mendapatkan 16 atlet untuk lima cabang olahraga yang akan kita kirimkan ke Kejurprov kali ini," kata Slamet.

Keenam belas atlet yang disiapkan antara lain Saikun dan Agung dari cabang olahraga (cabor) renang. Kemudian Andi Astoto, Wartono, Safrudi Supriyadi, Mahmudin, Warko, dan Wahyu untuk cabor bulu tangkis. Sementara Rohidin dan Sugiryo akan bertanding dalam cabor tenis meja, Purnomo dan Purwanto cabor Catur serta Najib Abdul Rahman, Yulianto, Dani Dwi Atmaja, dan Dwi Aprianto Putra akan bertanding dalam lomba atletik.

"Para atlet ini telah melakukan latihan mandiri dan intensif selama tiga pekan," kata Slamet.

Terkait


Pertemuan Antar Pemerintah Terkait Disabilitas Asia Pasifik Lahirkan Jakarta Declaration

Rentan Hidup dalam Kemiskinan, Risma Dorong Penyandang Disabilitas Hidup Mandiri

Mensos Minta Perusahaan Swasta Diharap Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Indonesia Serius Memajukan Penyandang Disabilitas

Penyandang Disabilitas tak Terlibat Dalam Perencanaan Mitigasi Iklim

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark