Selasa 25 Oct 2022 03:05 WIB

Siswa Muslim Prancis Kesulitan Peroleh Makanan Halal di Sekolah

Siswa Muslim mengalami kesulitan mendapatkan makanan yang sesuai dengan keyakinannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Pelajar Muslim Prancis (ilustrasi)
Foto: google.com
Pelajar Muslim Prancis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Masalah makanan di kafetaria sekolah Prancis memusingkan banyak orang tua siswa Muslim. Beberapa walikota memutuskan untuk tidak menawarkan menu alternatif di kafetaria sekolah.

Masalah ini terjadi di Tassin la Demi Lune, daerah di pinggiran Lyon, yang sejak 2016 mengamanatkan bahwa hanya satu menu yang ditawarkan untuk makanan sekolah. Dilansir Anadolu Agency, Ahad (23/10/2022), masalah kemudian muncul ketika menu yang dihadirkan adalah daging babi.

Baca Juga

Dalam kondisi demikian, siswa Muslim mengalami kesulitan mendapatkan makanan yang sesuai dengan keyakinan mereka. Di Tassin la Demi Lune, sekolah menyuguhkan menu daging babi dan ini menjadi menu satu-satunya. Hal ini membuat para orang tua siswa Muslim meluncurkan petisi online untuk menuntut menu alternatif. Mereka mengatakan, Dewan Negara dengan jelas memutuskan bahwa usulan menu alternatif sebenarnya tidak merusak sekularisme atau netralitas agama.

"Menu unik, yang dipertahankan oleh Dewan Kota di Tassin la Demi Lune, menghalangi akses ke katering untuk 20 persen siswa, baik karena alasan agama, kesehatan, atau keyakinan (vegetarianisme)," demikian petisi orang tua. Para orang tua itu mengingatkan, peran walikota adalah melayani masyarakat, seluruh penduduk, atas nama kesejahteraan umum.

Beberapa tokoh terkenal, termasuk jurnalis dan aktivis feminis Rokhaya Diallo, telah memberikan dukungan pada petisi tersebut dan mendorong orang lain untuk menandatanganinya.

Meski demikian, beberapa walikota lain telah mengatasi hal tersebut dengan mengusulkan menu vegetarian eksklusif, dengan alasan masalah lingkungan. Beberapa walikota telah memberikan pilihan kepada orang tua dengan tiga kemungkinan menu yaitu daging, ikan, atau vegetarian. Balai Kota Grenoble meminta orang tua untuk memilih menu yang mereka inginkan, dan 94 persen memilih menu ikan atau daging sapi atau ayam.

Anak-anak di sekolah tersebut dapat memilih makanan mereka, tidak seperti situasi yang diciptakan oleh walikota lain yang berpikir bahwa sekularisme berarti membuat anak-anak Muslim dan Yahudi makan daging babi atau kelaparan.

Di Prancis, umat Islam menjadi sasaran serangan dan pengucilan yang tak henti-hentinya di tengah perdebatan intensif tentang visibilitas komunitas. Ada pertanyaan tentang definisi dan aplikasi konkret dari prinsip sekularisme. Sementara beberapa ingin melangkah lebih jauh dengan melarang visibilitas "terkait Muslim", yang lain ingin hidup dan membiarkan hidup.

Di antara kelompok garis keras, Eric Ciotti, walikota Nice, kota terbesar kelima di Prancis, dan calon presiden tahun lalu, ingin mengubah undang-undang tahun 2004 tentang simbol agama di sekolah untuk melarang jenis pakaian tertentu, seperti abaya – panjang, pakaian yang mengalir bebas yang dikenakan oleh wanita Muslim di atas pakaian mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement