Selasa 25 Oct 2022 22:57 WIB

Indramayu Siaga Faskes Rujukan Antisipasi Pasien Gangguan Gagal Ginjal Akut

Hingga kini, Indramayu belum menemukan kasus gangguan gagal ginjal akut anak.

Red: Nora Azizah
Dokter mengecek kondisi pasien anak penderita gagal ginjal akut.
Foto: ANTARA/Ampelsa
Dokter mengecek kondisi pasien anak penderita gagal ginjal akut.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menyiagakan fasilitas kesehatan (faskes) rujukan untuk menangani pasien gangguan ginjal akut jika sewaktu-waktu muncul kasus tersebut di daerah itu. "Kami sudah menyiapkan langkah dengan menyiagakan faskes rujukan, apabila ada pasien gangguan ginjal akut," kata Kepala Dinkes Kabupaten Indramayu Wawan Ridwan di Indramayu, Selasa (25/10/2022).

Menurutnya, ketika ada pasien gangguan ginjal akut yang masuk ke faskes pertama seperti puskesmas maupun klinik tidak mampu maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk selanjutnya ditangani. Namun, lanjut Wawan, ketika rumah sakit juga tidak sanggup menangani, maka pasien tersebut akan dirujuk kembali ke rumah sakit provinsi, atau rumah sakit yang memang spesialis penyakit dalam.

Baca Juga

"Ketika faskes pertama tidak memiliki perawatan yang standar maka bisa kami rujuk ke RSUD Indramayu karena sudah tipe B, namun jika memang masih perlu perawatan lebih lanjut, nantinya kami kirim ke RSUP Hasan Sadikin," katanya.

Sampai saat ini, kata Wawan, pihaknya belum menerima laporan terkait kasus gangguan ginjal akut pada anak-anak, namun untuk mengantisipasinya, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan obat sirup.

Wawan menambahkan, dalam beberapa hari ini pihaknya melakukan inspeksi mendadak (sidak) apotek maupun toko yang menjual obat, untuk memastikan mereka tidak menjual obat sirup, baik yang sudah ditarik peredarannya maupun belum.

Ia memastikan ketika ada apotek maupun toko obat yang masih menjual obat sirop, nantinya akan diberikan pemahaman, dan jika menjual obat sirup yang telah dilarang, maka akan dikenakan sanksi.

"Kami juga mengajak para apoteker maupun penjual obat, agar bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait larangan obat sirup," katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement