Kamis 27 Oct 2022 04:29 WIB

Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peringati Hari Santri Nasional di Gresik, Ini Harapan EWF

Mereka bersama-sama mengumandangkan sholawat nabi dan mendengar ceramah.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Equityworld Futures (EWF) Sahid Sudirman Centre Jakarta dan Trillium Surabaya turut rayakan maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional.
Foto: Dok. Web
Equityworld Futures (EWF) Sahid Sudirman Centre Jakarta dan Trillium Surabaya turut rayakan maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK - Equityworld Futures (EWF) Sahid Sudirman Centre Jakarta dan Trillium Surabaya turut rayakan maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional. Sekitar 1.000 orang termasuk warga sekitar memperingatinya di Makam Siti Fatimah binti Maimun di Leran Manyar Gresik Jawa Timur. Tiga pekan sebelumnya, karyawan EWF dan warga sekitar masing-masing mulai mengaji lalu  mengkhatamkan satu juz terakhir secara berjemaah di area makam Siti Fatimah pada hari pelaksaaan acara. Pimpinan Cabang EWF Jakarta, Hartono Gunawan mengutarakan, bacaan Alquran tertuju untuk semua keluarga dan tanah air.

“Kami berniat membaca dan mengkhatamkan Alquran untuk semua keluarga, kedua orang tua, kakek nenek serta leluhur kita. Selain itu, kami kirimkan juga untuk semua yang menjadi amanah kita sekeluarga dan negeri tercinta Indonesia,” kata Hartono.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, EWF juga menyumbangkan 1.000 Alquran. Sebanyak 940 di antaranya diberikan kepada orang-orang yang ikut membaca Alquran, dan selebihnya untuk pengurus dan kiai daerah setempat.

“Kami mengajak ibu-ibu warga sekitar mengaji untuk mengingatkan kembali bahwa posisi wanita dalam kehidupan ini sangat penting. Melihat pula, tokoh ulama perempuan masih termarjinalkan maka kita mau angkat itu. Kami juga melibatkan para karyawan EWF untuk membiasakan membaca Alquran. Nantinya akan dibudayakan mengaji bersama di kantor,” kata Hartono, Rabu (26/8/2022).

Usai membaca doa khataman Alquran, ribuan peserta merayakan maulid Nabi Muhammad SAW dengan bersama-sama mengumandangkan sholawat nabi dan mendengar ceramah.

“Semoga dalam peringatan maulid ini, umat muslim senantiasa dapat selalu meneladani ketaatan Rasullah SAW sehingga mendapat keberkahan Allah SWT. Nabi Muhammad SAW adalah sosok panutan bagi seluruh umat muslim. Semoga semua juga senantiasa mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat,” kata Pimpinan Cabang EWF Surabaya Tan Jimmy Tanrian yang turut hadir pula dalam kegiatan itu.

Sebelum acara berakhir, para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Syukur untuk menghormati perjuangan para pahlawan. Tanpa terkecuali kepada Siti Fatimah binti Maimun. Penjuang wanita dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa khususnya daerah Gresik. Fatimah wafat pada hari Jumat, 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement