Kamis 27 Oct 2022 10:53 WIB

Begini Strategi Agar Dagangan Viral di Marketplace

Biasakanlah mencantumkan harga untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
Foto: network /Vidita
.

Unsplash/Bruno Kelzer
Unsplash/Bruno Kelzer

Tumbuhnya bermacam marketplace atau lokapasar menjadi peluang baru untuk menjual produk bagi pelaku usaha. Dibutuhkan strategi jitu agar produk menjadi viral dan laku di pasaran, apalagi terdapat ribuan pedagang yang berjualan di sana.

Penguasaan kecakapan digital pun dibutuhkan untuk mendukung pemasaran digital di marketplace tersebut. Pada webinar bertema “Viralkan Produk Usahamu! Strategi Meningkatkan Penjualan di Marketplace” yang berlangsung Senin (24/10) di Makassar, Sulawesi Selatan, relawan TIK Kalimantan Timur, Ratna Sari menjelaskan, langkah-langkah dasar untuk berpromosi di lokapasar.

Ia menyarankan, untuk produk baru sebaiknya disertai pemberian diskon atau potongan harga. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan fitur iklan di marketplace dan diintegrasikan dengan media sosial toko.

Untuk promosi di Facebook dan Instagram, menurut Ratna, sebaiknya dibiasakan mencantumkan harga yang ditujukan meningkatkan kepercayaan pembeli. “Ingin tahu sederet promo yang disukai pembeli di marketplace? Berdasarkan survei, hal yang paling disukai adalah fasilitas bebas ongkos kirim. Berikutnya adalah diskon, cashback, flash sale, promo eksklusif merek tertentu, tebus murah, dan terakhir adalah lucky draw,” ujarnya.

Ratna melanjutkan, tips lain untuk membuat promo yang efektif di marketplace adalah harus menentukan tujuan yang jelas dan memahami keinginan audiens. Biasakan melakukan riset terlebih dulu sebelum membuat konten.


Unsplash/Brooke Lark
Unsplash/Brooke Lark

Kemudian, buatlah headline yang menarik agara memancing perhatian calon pembeli. Promo bisa dibuat dengan medium foto, video, atau narasi lewat spanduk.

Ratna mengakui, memang tak mudah memang membuat promosi yang efektif. Tantangannya adalah dibutuhkan biaya yang tak murah untuk promo yang bagus dan efektif, dan banyak kompetitor.

Namun, kita tetap bisa berusaha dengan mencari ide kreatif yang berbeda, konsisten, dan jaga kualitas layanan demi keampuhan promosi. Selain promosi yang efektif, dosen Universitas Bali Internasional, Komang Tri Werthi menambahkan, dibutuhkan strategi tersendiri untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Strategi tersebut berupa penerapan etika menjual barang secara daring kepada pelanggan. Misalnya, dengan bersikap ramah dan sopan.

Termasuk juga, menjawab semua pertanyaan yang diajukan pelanggan. Komang juga mengingatkan, sebagai penjual, jangan sampai kita menyalahgunakan data pembeli karena itu bisa merusak kepercayaan pelanggan.

Biasakan juga untuk jujur dalam mendeskripsikan barang yang dijual. "Gunakanlah hasil foto sendiri untuk deskripsi barang, jangan menggunakan karya orang lain. Lalu, kemaslah barang dengan rapi untuk dikirim ke pelanggan,” katanya.

sumber : https://digitaldonat.republika.co.id/posts/185627/begini-strategi-agar-dagangan-viral-di-marketplace
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement