Sabtu 29 Oct 2022 08:30 WIB

Temukan 'Polisi Nakal', Adukan ke Ruang 'Jumat Curhat Polres Bogor

Polres juga menyediakan satu tempat pelayanan khusus untuk pemulihan trauma. 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polres Bogor membuka ruang pelayanan publik setiap Jumat, untuk menampung keluhan masyarakat terkait polisi dan pelayanannya. Dengan adanya pelayanan tersebut, masyarakat dapat menyampaikan saran dan kritik kepada polisi.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, mengatakan, program ini dinamakan Jumat Curhat. Program ini dibentuk sebagai transformasi Polri agar lebih membumi dan dekat dengan masyarakat.

"Semua aduan masyarakat terkait polisi 'nakal', pelayanan yang kurang, saran dan kritik akan kami terima," ujar Iman kepada wartawan, Jumat (28/10).

Iman menjelaskan, di ruang Jumat Curhat ini, warga bisa menyampaikan keluhan, saran, dan kritik soal pelayanan polisi langsung kepada Kapolres. Dia pun mengaku, akan siap mendengarkan keluhan tersebut. Hal ini juga akan dilakukan di Polsek jajaran.

Dia menyebutkan, pelayanan ini akan tersedia setiap Jumat. Mulai pukul 07.00 WIB, hingga ba’da Shalat Jumat di Ruang Mediasi.

“Masyarakat yang memiliki keluhan atau kritik, saran, masukan kepada kami bisa datang langsung hari Jumat di Ruang Mediasi. Nanti saya sendiri di Polres akan menerima langsung masyarakat yang akan menyampaikan itu," kata Iman.

Selain itu, sambung dia, Polres Bogor juga membuka layanan pemulihan trauma atau trauma healing bagi anggota maupun masyarakat umum. Masyarakat bisa datang ke Ruang Mediasi yang ada di Polres Bogor untuk mendapatkan layanan tersebut.

"Jadi untuk baik anggota maupun masyarakat, kami juga menyiapkan satu tempat pelayanan khusus untuk pemulihan trauma atau trauma healing di Ruang Mediasi," ucapnya.

Pihaknya menyediakan tenaga profesional untuk layanan tersebut. Termasuk untuk melayani resep pengobatan bagi masyarakat.

"Nanti ada dokter atau psikiater yang siaga di ruangan tersebut, yang akan melayani baik untuk internal anggota Polres Bogor atau untuk masyarakat yang membutuhkan pendampingan. Dokter tersebut juga menerbitkan resepnya. Apabila dibutuhkan pengobatan untuk trauma atau untuk pengobatan secara psikiater," ucapnya.

Di samping itu, Iman mengatakan, Polres Bogor juga membuka layanan pengaduan melalui media sosial. Nantinya, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhan melalui nomor WhatsApp 081212805587.

"Itu kami membuka layanan Polres Bogor Mendengar. Itu tiap hari melalui platform media sosial, ada Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp juga nanti disebar untuk akun dan nomornya yang digunakan untuk menerima berbagai keluhan, masukan, kritik, saran, yang diberikan masyarakat untuk Polres Bogor," imbuh Iman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement