Rabu 02 Nov 2022 06:45 WIB

Berpotensi Besar, Erick Dorong Telkomsel Kembangkan Games dan e-Sport

Erick menyebut Indonesia berpotensi besar dalam industri kreatif

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri BUMN Erick Thohir meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar khususnya di industri kreatif seperti games dan e-sport sebagai salah satu bangsa yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Erick mengapresiasi ekosistem digital khususnya industri games dan e-sport yang sudah dibangun Telkomsel selama ini.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar khususnya di industri kreatif seperti games dan e-sport sebagai salah satu bangsa yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Erick mengapresiasi ekosistem digital khususnya industri games dan e-sport yang sudah dibangun Telkomsel selama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar khususnya di industri kreatif seperti games dan e-sport sebagai salah satu bangsa yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Erick mengapresiasi ekosistem digital khususnya industri games dan e-sport yang sudah dibangun Telkomsel selama ini.  

Erick mengatakan, Telkomsel sebagai operator telekomunikasi terbesar di Indonesia terus mengembangkan industri kreatif seperti games dan e-sport. Dia juga meminta agar ekosistem digital yang sudah dibangun tersebut didorong untuk berpihak kepada kreator dan konten lokal. 

"Keberpihakan tersebut bukan lantas mematikan konten asing atau memusuhi konten asing yang masuk ke Indonesia. Sebab Indonesia sudah menganut ekonomi terbuka, namun harus diseimbangkan. Jangan sampai bangsa Indonesia hanya sebagai konsumen dari kreator atau konten asing," kata Erick Thohir pada Senin (31/10).

Erick mengungkapkan, sejatinya Indonesia sudah mampu memproduksi konten lokal. Contohnya saja dari 5 film buatan putra putri terbaik Indonesia, setidaknya sudah ditonton 27,1 juta orang. Jumlah tersebut tentu saja di atas film Hollywood yang mencapai jumlah 22,1 juta penonton. 

Dengan jumlah penonton yang signifikan tersebut, bangsa Indonesia dapat bersaing dalam membuat konten-konten yang berkualitas yang bisa ditonton oleh banyak masyarakat. Dia mengungkapkan, pemerintah melalui Kementerian BUMN terus mendorong tumbuhnya konten-konten lokal yang berkualitas. 

“Contohnya mendorong agar dapat memberikan penghargaan kepada musik dangdut di Indonesia. Amerika saja mendorong country music, masa iya kita tidak bisa mendorong dangdut. Saya ingin penghargaan kepada insan musik dangdut tak hanya sekadar wacana,” ujar dia. 

Erick Thohir mengatakan, waktu bagi bangsa Indonesia menjadikan popular culture sangat terbatas. Batas waktunya hingga tahun 2038. Jika waktu tersebut terlampaui, maka bangsa Indonesia akan kehilangan momentum yang sangat berharga.  

Sementara itu, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio memastikan anak usaha Telkom tersebut turut aktif mengembangkan industri games dan e-sport di Indonesia. 

Menurut Wishnutama, Telkomsel akan terus berkolaborasi dan mendukung setiap individu yang terlibat serta berdedikasi untuk mengembangkan secara konsisten industri games dan e-sport di Indonesia. 

"Diharapkan industri games dan e-sport di Indonesia akan terus menjadi lebih besar dengan inovasi supaya bisa bersaing. Telkomsel mendukung permintaan Kementerian BUMN agar Indonesia tak sekadar sebagai pasar, tetapi nantinya juga akan mnembangun ekosistem games," kata Wishnutama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement