Kamis 03 Nov 2022 20:50 WIB

Obat Covid-19 yang Dipakai Saat Ini di Indonesia Masih Efektif Atasi Varian Baru

Obat untuk perawatan pasien Covid-19 saat ini masih efektif atasi varian XBB dan XBC.

Red: Nora Azizah
Obat untuk perawatan pasien Covid-19 saat ini masih efektif atasi varian XBB dan XBC.
Foto: www.maxpixel.com
Obat untuk perawatan pasien Covid-19 saat ini masih efektif atasi varian XBB dan XBC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satgas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Erlina Burhan mengatakan, sejumlah obat untuk perawatan pasien COVID-19 yang tersedia di Tanah Air masih efektif mengatasi subvarian terbaru XBB dan XBC. "Obat-obat yang dipakai saat ini masih efektif terhadap varian terbaru ini," kata Erlina Burhan dalam Media Briefing terkait update kasus COVID-19 yang diikuti dalam jaringan zoom di Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Jenis obat yang dimaksud di antaranya, Molnuvirapir, Remdesivir, Favipiravir, Oseltamivir, serta tipe monoklonal seperti Tocilizumab dan lainnya. Selain itu, hasil penelitian menunjukan dosis vaksin booster atau dosis penguat akan meningkatkan antibodi untuk menetralisasi subvarian Omicron XBB dan XBC.

Baca Juga

"Untuk itu, PB IDI menganjurkan agar vaksinasi dosis penguat harus dipercepat," katanya.

Erlina yang juga seorang dokter spesialis paru-paru di RSUP Persahabatan Jakarta Timur meminta pemerintah untuk mempertimbangkan pengembangan vaksin bivalen di dalam negeri untuk mencegah laju penularan Subvarian Omicron XBB dan XBC di Indonesia. "Pengembangan vaksin bivalen dapat dipertimbangkan mengingat rekombinasi varian COVID-19 dan XBC merupakan rekombinasi Delta dan Omicron BA.2," katanya.

Erlina menambahkan, varian tersebut menyerang di 26 negara, seperti Australia, Bangladesh, Denmark, India, Jepang, Singapura, dan Amerika Serikat.

"Jika melihat demografi kasus di Singapura, banyak menyerang kelompok usia muda usia 20-39 tahun. Yang dirawat sebagaimana dugaan adalah orang di atas 70 tahun karena komorbid dan imunitasnya menurun," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement