Ahad 06 Nov 2022 22:15 WIB

Liga Sepak Bola Hizbul Wathan Dukung Pembibitan Talenta Muda Sepak Bola Nasional

Pelaksanaan Liga Sepak Bola Hizbul Wathan memiliki prospek yang cerah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Liga Sepak Bola Hizbul Wathan Dukung Pembibitan Talenta Muda Sepak Bola Nasional (ilustrasi).
Foto: Republika/Muhyiddin
Liga Sepak Bola Hizbul Wathan Dukung Pembibitan Talenta Muda Sepak Bola Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membuka laga final Liga Sepakbola Hizbul Wathan, yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Muhammadiyah, di Stadion Sriwedari Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada Ahad (6/11/2022).

Menko PMK bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menendang bola simbolis kick off pertandingan final. Usai membuka kegiatan, Menko PMK mengatakan, pelaksanaan Liga Sepak Bola Hizbul Wathan memiliki prospek yang cerah untuk pembibitan atlet sepak bola Indonesia. Dia meminta agar Liga Sepakbola Hizbul Wathan melakukan pencarian bakat sejak jenjang Madrasah Ibtidaiyah atau SD dan di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Baca Juga

"Saya berharap kegiatan ini juga digelar terutama di sekolah-sekolah untuk melakukan 'talent scouting' atlet sepak bola di sekolah Muhammadiyah khususnya. Dan bagus kalau dimulai sejak dini mungkin sejak Madrasah Ibtidaiyah, naik ke jenjang Tsanawiyah, Aliyah dan SMK," ujar Menko PMK.

Menurut Muhadjir yang juga Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan diselenggarakannya kegiatan Liga Sepak Bola Hizbul Wathan sejak jenjang dasar, maka penjaringan bibit talenta muda berbakat untuk dibina dan dimaksimalkan menjadi atlet nasional bisa lebih efektif. Hal itu karena talenta berbakat bisa ditemukan sejak dini.