Selasa 08 Nov 2022 13:19 WIB

Persis Solo akan Lakukan Uji Coba Vs Johor Darul Ta'zim di Malaysia

Laga uji coba itu untuk persiapan jika Liga 1 musim 2022/2023 kembali digelar.

Red: Endro Yuwanto
Pelatih anyar Persis Solo, Leonardo Medina.
Foto: Dokumen
Pelatih anyar Persis Solo, Leonardo Medina.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Klub Persis Solo bakal berangkat mengikuti training camp (TC) sekaligus laga persahabatan bersama kesebelasan Johor Darul Ta'zim Football Club (JDTFC) di Malaysia. Laga ini untuk persiapan jika kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 kembali digelar.

"Kami telah bekerja keras untuk menjaga aspek fisik pemain Persis agar senantiasa prima ketika liga dihentikan sementara," kata pelatih Persis Leonardo Medina, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga

Medina sebagai pelatih baru Persis Solo mengatakan, hal yang terpenting saat ini bagi Persis adalah untuk menjaga fokus dan menemukan gaya bermain sebagai identitas tim, fokus untuk mempertajam lini serang, dan menambah kesolidan lini belakang.

Menurut Medina, hal ini penting karena transisi di antara kedua aspek tersebut dapat membuat Persis mendominasi penguasaan bola di dalam sebuah laga.

"Kesempatan training camp di Johor ini bagus untuk tim karena memberikan kesempatan kepada kami menjajal variasi level dari kompetisi yang berbeda," kata Medina.

Menurut Medina, JDTFC memiliki karakter bermain dengan kualitas pemain yang berbeda pula. JDTFC adalah klub besar, salah satu yang cukup berpengaruh di Asia. "Capaian mereka meraih juara liga di Malaysia dengan komposisi pemain lokal dan asing yang bagus adalah sesuatu yang bisa menjadi contoh," papar Leo.

Persis Solo akan TC ke Malaysia berawal dari adanya surat yang diterima dari Direktur Teknik JDTFC Alistair Edwards, yang berisikan undangan training camp dan laga persahabatan, di Johor pada tanggal 9-18 November 2022. Manajemen Persis memutuskan untuk menerima undangan dari klub yang berlaga di Malaysia Super League tersebut.

Selain melakoni training camp dan laga persahabatan, manajemen Persis juga berencana untuk melakukan studi banding sekaligus riset terkait tata kelola klub, infrastruktur pendukung, sistem akademi, dan manajerial yang diterapkan oleh JDTFC.

Dengan torehan gelar domestik dan capaian di Asia yang dicatatkan JDTDC dalam satu dekade terakhir, Persis menganggap bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari terkait tata kelola klub secara profesional dalam industri sepak bola modern.

Sebanyak 26 pemain, tim pelatih, dan ofisial akan bertolak dari Solo menuju Johor, pada Rabu (9/11/2022). Persis setiba di Malaysia akan melakoni training camp beserta dua kali laga persahabatan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement