RSUD Kota Malang Peroleh Akreditasi Paripurna

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Wali Kota Malang, Sutiaji meninjau sejumlah fasilitas di RSUD Kota Malang.
Wali Kota Malang, Sutiaji meninjau sejumlah fasilitas di RSUD Kota Malang. | Foto: Dok. Pemkot Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang mendapat penilaian akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).  Akreditasi 'Bintang Lima' berbasis Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes (STARKES) 2022 ini diraih setelah melewati serangkaian tahapan sejak 25 hingga 28 Oktober 2022 lalu.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Kota Malang, Siti Juhariyah mengungkapkan, proses persiapan akreditasi ini berlangsung kurang lebih enam bulan. Langkah ini sebenarnya berawal dari komitmen seluruh sivitas RSUD Kota Malang.

"Kita mulai membentuk tim akreditasi dan menunjuk asesor internal untuk bidang manajemen, bidang medis, dan bidang keperawatan.  Assesor internal ini membuat penilaian dan evaluasi juga monitoring secara berkala sehingga siap saat tim penilaian bekerja," ungkapnya.

Menurut dia, persiapan yang matang dan pelayanan kesehatan yang selalu sesuai standar membuat hasil akreditasi RSUD Kota Malang memuaskan. Dari 16 area yang dinilai, semua nilainya di atas 87.

Selain layanan reguler, RSUD Kota Malang juga memiliki layanan prioritas orthopedi (bedah tulang) yang menjadi unggulan.  Layanan ini termasuk dalam cost yang tinggi karena letak RSUD tepat di jalan raya. Hal ini berarti kasus kecelakaan lalu lintas banyak ditangani di RSUD Kota Malang.

Sementara itu,  Direktur RSUD Kota Malang,  Rina Istarowati, berkomitmen RSUD akan semakin meningkatkan pelayanan paripurna bagi masyarakat. Harapan ini sesuai visi RS yaitu terwujudnya RSUD Kota Malang menjadi pelayanan kesehatan yang bermartabat. "Semoga kami mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang terus menerus," jelasnya.

Untuk meningkatkan mutu layanan RSUD Kota Malang, pihaknya akan terus menambah fasilitas agar lebih lengkap. Langkah ini dilakukan dengan penambahan pembangunan gedung baru juga sarana dan prasarana. RSUD juga terus berupaya untuk dapat menjadi RS Pendidikan

Tak kalah penting adalah pemenuhan SDM berkualitas dan layanan spesialistik yang lebih lengkap dan terjangkau. Dengan demikian, RSUD Kota Malang dapat menjadi RS kebanggaan Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji, memberikan apresiasi sekaligus meminta agar seluruh jajaran RSUD tidak cepat berpuas diri. "Bangga tentu dengan capaian, tapi jangan lengah dan lelah untuk terus berbenah," kata pria berkacamata ini.

Terkait


Wali Kota Malang Kecewa dengan Kedisiplinan ASN

Kota Malang Siapkan Rumah Isolasi Pasien Positif Covid-19 

RSUD Kota Malang Berbenah Jadi RS Rujukan Covid-19

RSUD Kota Malang Kembali Gagal Diresmikan

Jokowi tak Jadi Datang, Operasional RSUD Tertunda

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark