REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membangun kepercayaan pelanggan bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik, memberikan nilai yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain, memberikan reward, serta menjadikan pelanggan baru sebagai pelanggan setia.
Pada 2020, Forbes melansir sekitar 58 persen pelanggan akan berbelanja lebih banyak pada brand yang mereka loyal. Hal ini diperkuat survey Customer Engagement & Loyalty Stats dari Access Development, yang menyebutkan 61 persen yang membuat pelanggan loyal dengan memberikan hadiah dan penawaran menarik.
Melihat tingginya kepercayaan masyarakat, perusahaan penyedia solusi manajemen loyalitas pelanggan PT Poin Sukses Makmur (OttoPoint) menilai angka statistik ini menunjukkan program loyalitas pelanggan merupakan cara dan strategi untuk meningkatkan retention, sehingga menarik pelanggan baru dan penjualan bisa meningkat.
Direktur Utama Poin Sukses Makmur James Hamdani mengatakan hal ini yang menjadi dasar berdirinya OttoPoint pada 2019. OttoPoint berkomitmen membantu bisnis kecil maupun besar dengan menyediakan program loyalitas pelanggan yang lebih mudah untuk mengembangkan bisnisnya.
“OttoPoint ingin membuat usaha kecil bisa bersaing dengan brand-brand besar melalui loyalty program yang mudah dan bisa disesuaikan,” ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (9/11/2022).
OttoPoint telah berhasil membantu pebisnis meningkatkan 10 kali jumlah gross transaction value, enam kali frekuensi transaksi, dan 268 persen peningkatan customer loyal dalam waktu kurang dari satu tahun.
Sementara itu Marketing Manager Dum Dum Thai Drinks Vanie CJ menambahkan OttoPoint telah memiliki ratusan mitra dari berbagai berbagai bisnis dan berbagai industri, antara lain Bank Jambi, OttoPay, Bali United, Jeji Puff, Dum dum, dan bisnis lainnya.
“Kami membutuhkan solusi loyalitas pelanggan yang terjangkau, fun dan menarik bagi pelanggan kami, mudah dioperasikan, dan dapat memberikan dampak positif bagi bisnis. Itu semua kami dapatkan dengan menggunakan OttoPoint,” ucapnya.
OttoPoint berusaha memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bisnis antara lain OttoStamp yang memudahkan pelaku bisnis untuk memiliki stamp digital yang dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan tempat usaha, OttoGifts yang memenuhi kebutuhan terkait pengadaan hingga distribusi voucher digital, dan OttoPoint loyalty program berbasis koalisi yang memudahkan pelanggan menggunakan point yang didapatkan dengan point dari merchant lain yang terintegrasi dalam OttoPoint.
Sebagai channel marketing tambahan, layanan ini dapat menjangkau pelanggan lebih luas dan memberikan kesempatan berpromosi dan cross-selling lebih banyak lagi yang menguntungkan baik untuk bisnis berskala besar maupun kecil.
Eksklusifitas yang juga bisa dimiliki pelaku bisnis adalah OttoPoint menawarkan solusi program loyalitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari mitra bisnis. Tim ahli OttoPoint akan mendampingi mulai dari proses konsultasi, konsep loyalty, pembuatan program hingga implementasi program sehingga mitra bisnis dijamin akan menerima standar kualitas yang terbaik.
“Layanan ini bisa menjadi jawaban terbaik untuk membantu bisnis strategi secara jangka panjang,” ucapnya.