Kamis 10 Nov 2022 15:39 WIB

Gubernur Kalsel Minta Semangat Hari Pahlawan untuk Jaga Kekayaan Alam

Tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda adalah mengelola kekayaan alam

Red: Gita Amanda
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta agar semangat peringatan Hari Pahlawan yang ke-77 tahun 2022 untuk bersama-sama menjaga kekayaan alam. (ilustrasi).
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta agar semangat peringatan Hari Pahlawan yang ke-77 tahun 2022 untuk bersama-sama menjaga kekayaan alam. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta agar semangat peringatan Hari Pahlawan yang ke-77 tahun 2022 untuk bersama-sama menjaga kekayaan alam.

"Tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda adalah mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta," ucap saat upacara hari pahlawan ke-77 di halaman kantor Sekdaprov Kalsel di Banjarbaru, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga

Gubernur bertindak menjadi inspektur upacara yang diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, diikuti juga dari TNI-Polri dan organisasi lainnya bahkan para santri. Gubernur pun juga membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia.

Dalam amanatnya disampaikannya bahwa teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini yang bertema "Pahlawanku Teladanku". Disampaikan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, pada saat ini berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata.

"Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama," ujarnya.

Selanjutnya, dia mengajak untuk mengenang dan menghormati perjuangan para Pahlawan. "Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa," tegasnya.

Dalam upacara Hari Pahlawan ke-77 ini, dihadiri pimpinan unsur Forkopimda Kalsel. Seperti Ketua DPRD Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem, Kepala Kejati Kalsel, Danlanud, Danlanal. Selain itu juga turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, beserta sejumlah Kepala SKDP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement