Ahad 13 Nov 2022 00:10 WIB

Livescore Liga Inggris: Tundukkan Southampton, Liverpool Dekati Posisi Lima Besar

Liverpool naik ke posisi enam setelah mengalahkan Southampton 3-1.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Darwin Nunez dari Liverpool (kiri) merayakan dengan Roberto Firmino dari Liverpool setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Southampton di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Sabtu, 12 November 2022.
Foto: AP/Jon Super
Darwin Nunez dari Liverpool (kiri) merayakan dengan Roberto Firmino dari Liverpool setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Southampton di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Sabtu, 12 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool sukses memperbaiki posisi di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris menjelang jeda kompetisi karena Piala Dunia 2022. Kemenangan 3-1 atas Southampton di Stadion Anfield pada pekan ke-16 Liga Primer Inggris, Sabtu (12/11), membawa tim besutan Jurgen Klopp merangsek ke peringkat keenam klasemen sementara. Tambahan tiga angka itu mengantarkan The Reds naik dua peringkat, dari posisi delapan ke enam.

Runner-up Liga Primer Inggris itu hanya terpaut satu poin dari Manchester United, yang dudik di posisi kelima dan masih mengantongi sisa satu pertandingan. Dengan kemenangan ini, Liverpool berhasil menjaga tren kemenangan usai membungkam Tottenham Hotspur, 2-1, di laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Sementara buat Southampton, kegagalan meraih poin di laga terakhir jelang jeda Piala Dunia 2022, itu membuat The Saints gagal terus terpuruk di peringkat ke-19 klasemen sementara. 

Jalannya Pertandingan 

Liverpool mengawali laga dengan berusaha tampil tenang dan mencoba secara perlahan menguasai permainan. Tekanan demi tekanan pun dilancarkan ke pertahanan tim tamu. Hanya butuh enam menit buat The Reds untuk bisa merobek gawang Southampton. Sebuah tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Southampton dengan jarak 27 meter dari gawang, yang dieksekusi Andrew Robertson, mengawali gol pembuka di laga ini. Roberto Firmino sukses menanduk bola hasil sepakan Robertson tersebut dari tepi kotak penalti. Bola meluncur mulus ke sebelah kanan gawang The Saints tanpa bisa dihalau penjaga gawang Gavin Bazunu.

Namun, keunggulan pada menit keenam ini hanya bertahan kurang dari tiga menit.  Pada menit kesembilan, The Saints secara mengejutkan mampu menyamakan kedudukan. Proses terjadinya gol The Saints pun tidak jauh berbeda dengan gol pembuka The Reds. Bola hasil sepakan tendangan bebas yang dilepaskan James Ward-Prowse dari sisi kanan pertahanan The Reds mampu disambar Che Adamsn di depan mulut gawang tim tuan rumah.

Setelah gol balasan dari The Saints tersebut, Liverpool kembali menguasai laga dan mengepung pertahanan tim tamu. Sebuah peluang emas sempat didapatkan Mohamed Salah. Namun, Guzana berhasil menghalau sepakan Salah tepat di depan mulut gawang Southampton. 

The Reds akhirnya kembali mencatatkan keunggulan, tepatnya pada menit ke-21. Harvey Elliot dengan cerdik mengirimkan umpan dengan mencungkil bola ke Darwin Nunez, yang berlari di sebelah kanan pertahanan Southampton. Bola sodoran umpan Elliot itu langsung disambar Nunez dengan tendangan first time.

Nunez kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, penyerang asal Uruguay itu memanfaatkan umpan tarik yang dilepaskan Robertson dari sisi kanan pertahanan Southampton. Tanpa kesulitan, Nunez mengubah arah bola dan membawa The Reds unggul dua gol atas tamunya. Ini menjadi gol kelima striker anyar Liverpool itu di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Gol pada menit ke-42 itu sekaligus menjadi yang terakhir yang tercipta pada babak pertama di partai ini. 

Situasi pertandingan tidak terlalu banyak berubah pada babak kedua. Liverpool terus menguasai permainan dan tampil menekan. Tidak hanya unggul penguasaan bola hingga 62 persen, tim besutan Jurgen Klopp itu juga terus berusaha menambah keunggulan. Setidaknya hingga 10 menit akhir laga, The Reds melepaskan 12 tembakan, termasuk tujuh tepat mengarah ke gawang.

Tim tamu bukan tanpa perlawanan. The Saints melepaskan lima tembakan tepat ke arah gawang dari tujuh tembakan yang dilepaskan. Tim besutan Nathan Jones itu sempat mendapatkan dua peluang emas pada sepanjang babak kedua. Namun, kesempatan itu masih bisa dimentahkan kiper Liverpool, Allison, via penyelamatan gemilang. Tanpa gol tercipta pada babak kedua, skor, 3-1, untuk keunggulan tuan tumah tetap bertahan hingga laga usai. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement