Mandi di Sungai Code, Santri di Bantul Tenggelam

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Mandi di Sungai Code, Santri di Bantul Tenggelam (ilustrasi).
Mandi di Sungai Code, Santri di Bantul Tenggelam (ilustrasi). | Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Seorang santri di salah satu pondok pesantren di Kabupaten Bantul, DIY, tenggelam di Sungai Code, Sabtu (12/11). Santri atas nama Ahmad Ibnu Sodiq (16) tersebut tenggelam saat mandi di sungai tersebut.

"Terjadi kondisi membahayakan manusia satu orang tenggelam di Sungai Code, Pleret, Kabupaten Bantul," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi, Sabtu (12/11).

Kamal menjelaskan, santri Pondok Pesantren Al-Mahalli tersebut mandi di Sungai Code bersama teman-temannya. Total ada delapan santri yang mandi dan secara bergantian turun ke sungai.

Korban diketahui tidak bisa berenang dan akhirnya hanyut terbawa arus. Teman korban, kata Kamal, sempat mencoba menolong korban, namun tidak berhasil.

Baca Juga

Untuk kedalaman sungai sendiri mencapai empat sampai lima meter. "Korban diketahui tidak bisa berenang, awal mula korban berenang di pinggir lalu menuju ke tengah. Korban hanyut di tengah-tengah," ujar Kamal.

Pencarian terhadap korban pun langsung dilakukan oleh tim SAR setelah mendapatkan laporan. Kamal menyebut, pihaknya memberangkatkan satu tim rescue yang dilengkapi dengan peralatan water rescue dan alat selam.

Pencarian korban memakan waktu sekitar satu jam dengan kondisi sudah meninggal dunia. Korban ditemukan tidak jauh dari lokasi mandi yakni sejauh lima meter.

"Korban ditemukan di dalam sungai tersangkut pohon dan sampah di sungai," jelasnya.

Usai ditemukan, korban pun langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat. "Dibawa ke RS Nur Hidayah. Dengan ditemukan satu orang korban tenggelam di Sungai Code, semua unsur tim SAR gabungan dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," tambah Kamal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Anak yang Terseret Arus di Sungai Siak Berhasil Ditemukan

Melukis Lingkungan Sungai Code

Seorang Remaja Tenggelam di Setu Pakeling Depok

Sampah Rumah Tangga di Aliran Kali Code Gondomanan

Tiga Anak-Anak Tenggelam Saat Main Lomba Renang di Danau Galian Tangerang, Satu Meninggal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark