Ahad 13 Nov 2022 08:09 WIB

George Russel Raih Kemenangan Perdana di F1

George Russel finish terdepan dalam sprint race GP Sao Paulo, Interlagos, Brazil.

Red: Andri Saubani
Pembalap George Russell.
Foto: EPA-EFE/Rudy Carezzevoli - FIA/F1 HANDOUT
Pembalap George Russell.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Pembalap Mercedes George Russell meraih kemenangan perdana dalam kariernya di Formula 1 setelah memenangi sprint race yang ketat pada Sabtu (12/11/2022) di Interlagos jelang Grand Prix Sao Paulo. Pembalap asal Inggris itu start dari P3 di grid di belakang polesitter Kevin Magnussen dari tim Haas dan juara dunia dua kali Max Verstappen dari tim Red Bull.

Russell memamerkan kegesitan dan kecepatan Mercedes dalam balapan sepanjang 24 putaran itu sebelum mencuri posisi pimpinan lomba dari Verstappen pada lap ke-15. Sang pembalap Red Bull, yang menyalip Magnussen pada awal lap ketiga, tak mendapatkan grip dan kecepatan yang cukup dari ban medium yang ia gunakan untuk mempertahankan podium sehingga dia disalip Carlos Sainz dan Lewis Hamilton pada enam lap terakhir.

Baca Juga

Sainz akan menjalani penalti mundur lima posisi start untuk balap utama GP Sao Paulo pada Ahad karena menggunakan mesin baru. Hal itu berarti, Hamilton akan bergabung dengan Russell di posisi start baris terdepan balapan penultima musim 2022 besok.

Verstappen finis P4 di depan rekan satu timnya, Sergio Perez dan Charles Leclerc di mobil Ferrari kedua. Sedangkan, Lando Norris finis P7 untuk McLaren di depan Magnussen yang mengamankan satu poin terakhir dalam sprint race tersebut.

Kemenangan Russell tersebut juga menjadi kesuksesan pertama bagi Mercedes pada musim ini. "Ini luar biasa. Saya tidak menyangkabisa memiliki kecepatan seperti itu, tapi saya rasa ini menunjukkan kerja keras setiap orang dan progres kami sebagai tim," kata Russell dikutip laman resmi Formula 1.

"Tiga balapan terakhir sejak Austin, mobil ini terasa sangat baik. Tentunya, sulit mengetahui bagaimana Max melaju apabila ia menggunakan ban soft, tapi meski demikian, berada di sini terasa luar biasa."

Hamilton, yang baru saja dianugerahi gelar warga kehormatan Brazil, berharap bisa meraih kemenangan untuk pertama kalinya pada musim ini demi mempertahankan rekor selalu menang setidaknya satu balapan setiap musimnya. Meski finis P3, Hamilton berpeluang terkena penalti karena diduga melanggar prosedur start dan menunggu hasil investigasi steward.

Pada balapan dengan kondisi kering dan hangat hari itu, Magnussen menjalani start dengan baik setelah mengklaim pole position perdananya dan memimpin dua lap pembuka sebelum disalip Verstappen pada lap ketiga. Duet tim Alpine Fernando Alonso dan Esteban Ocon terlibat pertarungan sengit dan keduanya sempat bersenggolan di trek. Sang juara dunia dua kali harus mengganti sayap depannya karena gesekan tersebut.

"Dia mendorongku di Tikungan 4 dan kemudian di lintasan lurus," lapor Alonso.

Verstappen mengendalikan balapan, namun hanya sampai lap ke-15 saat Russell menyalipnya menuju Tikungan 4, menyusul pertarungan ketat selama empat lap di antara mereka. Merebut posisi pimpinan lomba, Russell menunjukkan kekuatan Mercedes di saat Magnussen melorot ke P7 dan Hamilton naik ke P4 di mobil Silver Arrow kedua.

Pada lap 19, Sainz menyalip Verstappen pada Tikungan 1, yang menyebabkan sang pebalap Belanda mengalami kerusakan sayap depan. Hamilton naik ke zona podium setelah melewati sang pebalap Red Bull.

Dua pembalap Aston Martin juga terlibat persaingan sengit ketika Lance Stroll bertahan dari serangan Sebastian Vettel, yang menyebabkan sang juara dunia empat kali harus melakukan manuver keluar trek dan melibas rumput di pinggir lintasan. Sang pembalap Kanada diganjar penalti 10 detik karena dianggap melakukan manuver yang membahayakan pebalap lain. Vettel finis P9 di depan Pierre Gasly dari tim AlphaTauri yang melengkapi sepuluh besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement