Ahad 13 Nov 2022 21:00 WIB

Begini Cara Menjaga Gizi Seimbang Menurut Dosen Unesa

Gizi seimbang dibutuhkan untuk dapat melakukan kegiatan dengan aktif dan optimal.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Gizi seimbang perlu diperhatikan, jika tidak maka akan mengganggu proses metabolisme dan berakibat pada masalah gizi. Ilustrasi. Foto : www.freepik.com
Gizi seimbang perlu diperhatikan, jika tidak maka akan mengganggu proses metabolisme dan berakibat pada masalah gizi. Ilustrasi. Foto : www.freepik.com

Kampus—Agar seseorang sehat, dibutuhkan pola hidup sehat salah satunya dengan memperhatikan keseimbangan gizi. Menurut Dosen Gizi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Veni Indrawati,MKes, gizi seimbang merupakan komponen asupan makanan sehari-hari yang disesuaikan dengan kebutuhan harian tubuh.

Gizi seimbang ini menurut Veni penting diperhatikan untuk mendukung sistem imunitas tubuh agar tetap fit dan bugar dalam masa pancaroba dan transisi pandemi ke endemi. Dilansir laman Unesa, Veni mengungkapkan, pemenuhan gizi dalam tubuh digunakan untuk menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan. Gizi yang cukup dan seimbang dibutuhkan untuk dapat melakukan kegiatan dengan aktif dan optimal.

“Jika gizi tidak terpenuhi secara cukup dan seimbang, maka akan mengganggu proses metabolisme dan berakibat pada masalah gizi,” kata Veni yang juga Kaprodi S1 Gizi Unesa.

Sebaliknya jika asupan gizi berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan seperti peningkatan yang tidak normal pada berat badan, tekanan darah, glukosa darah dan profil lipid darah. Asupan gizi yang kurang jelas Veni, juga dapat berdampak pada masalah defisiensi gizi, seperti stunting pada anak, kurang energi kronik (KEK) pada ibu hamil dan anemia pada remaja.

Veni memaparkan, makanan harian yang mencakup makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Sumber karbohidrat bisa didapat dari nasi, umbi-umbian, jagung, sagu, mie, dan roti sesuai dengan kearifan lokal. Sementara untuk lauk pauk dapat berupa sumber protein hewani seperti ikan, unggas, dan daging serta protein nabati seperti, tahu, tempe, jamur dan kacang-kacangan.

Sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar juga penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian dan menjaga imunitas tubuh terutama di musim pancaroba saat ini. Selain itu, pemenuhan cairan juga vital dengan asupan minimal 8 gelas atau 2 liter air perhari.

Perempuan kelahiran Jombang ini, menambahkan, agar tidak bingung porsi makan yang seimbang itu seperti apa, Pedoman Umum Gizi Seimbang atau PUGS yang disebut “Isi Piringku” yang dirancang oleh Kemenkes bisa dimanfaatkan atau dijadikan acuan asupan makanan sehari-hari.

“Piringku dapat dibagi menjadi separuh bagian. Dalam separuh bagian, dua pertiga bagian dapat diisi makanan pokok dan sepertiga bagian diisi dengan lauk pauk hewani dan nabati. Sedangkan separuh bagian lainnya, dua pertiga bagian diisi oleh sayur-sayuran segar dan sepertiga bagian diisi oleh buah-buahan,” terangnya

Baca juga :

Ingin Menurunkan Berat Badan ? Ikuti Lima Langkah Diet yang Aman dan Sehat dari Ahli Gizi UGM

Dosen Unesa Ciptakan Pustakanesa, Aplikasi e-Book Pertama untuk Anak SD dan Disabilitas

Ini Manfaat Penting Susu Menurut Pakar IPB

Guru Besar Unesa : Tragedi Kanjuruhan Bencana Antropogenik, Harusnya Bisa Dicegah

Redam Potensi Crowd Behavior untuk Cegah Tragedi Kanjuruhan Terulang, Ini Saran Pakar Unpad

Merasa Insecure ? Begini Tips Menghadapinya dari Dosen Psikologi UGM

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

sumber : https://kampus.republika.co.id/posts/188292/begini-cara-menjaga-gizi-seimbang-menurut-dosen-unesa
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement