Senin 14 Nov 2022 15:13 WIB

IPW: Reformasi Polri Harus Dimulai Sejak Rekrutmen

IPW mendorong reformasi internal Polri agar kembali dapat kepercayaan

Red: Nashih Nashrullah
Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, mendorong reformasi internal Polri agar kembali dapat kepercayaan
Foto: Dok Istimewa
Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, mendorong reformasi internal Polri agar kembali dapat kepercayaan

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) diminta benahi proses rekrutmen personel dalam rangka mewujudkan polisi idaman masyarakat yakni polri yang humanis dan profesional. 

Hal tersebut terangkum dalam diskusi publik "Polisi Sipil Idaman Masyarakat" yang digelar Korps Mahasiswa dan Pemuda NKRI (Kompan) di Kota Serang, Banten, Ahad (13/11/2022). 

Baca Juga

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, mengatakan bahwa reformasi di tubuh Polri harus dimulai sejak rekrutmen. 

Menurutnya, Polri sendiri telah mengalami berkali-kali reformasi yang mampu dijalankan, misalnya reformasi struktural yang sebelumnya di bawah TNI hingga kini berada langsung di bawah Presiden dengan tujuan agar tidak menggunakan cara-cara kekerasan dalam bertindak. "Reformasi kultural ini yang belum berhasil, yang tidak berjalan, " katanya. 

Sugeng mencontohkan Kasus Sulastri, dimana calon polisi wanita (Polwan) bernama Sulastri Irwan asal Kabupaten Kepulauan Sula digugurkan sebagai calon siswa bintara polisi gelombang ke II/2022. 

Sulastri diberitakan telah lulus semua Tes Pantukir, yakni sidang penetapan kelulusan akhir dalam seleksi penerimaan.

Dia menjelaskan, dalam rekrutmen polisi ada satu prinsip yang harus ditetapkan kepolisian, bersih, transparan, akuntabel, dan humanis (Betah) dalam fenomena Sulastri timbul polemik yang membuat publik makin tidak percaya institusi kepolisian. 

“Sulastri mengaku sudah lulus sampai Pantukir, polisi bilang tidak lulus, lalu dibilang batas umur melewati syarat saat diumumkan. Nah itu fenomena yang perlu menjadi perhatian," ujar dia.  

Kendati demikian, Sugeng menekankan demi reformasi Polri untuk menghasilkan Polisi Sipil Idaman Masyarakat, mengutip perkataan Mahfud MD, bahwa lebih baik ada polisi buruk dari pada sehari tanpa polisi, maka seluruh pihak di lapisan masyarakat harus berperan aktif dalam membangun kepolisian dengan cara-cara yang baik. "Polisi harus diajak dialog, kita harus menjadi sahabat polisi untuk mendidik," ujarnya. 

Ditempat yang sama, tokoh masyarakat Banten yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Mathlaul Anwar, Embay Mulya Syarief, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk Polri melakukan berbagai perbaikan guna memenuhi harapan masyarakat setelah berbagai peristiwa yang menjadi sorotan publik. 

"Kalau bicara upaya perbaikan Polri kita harus bicara sistem. Apa itu, ya sebagai sebuah institusi bisa dimulai dari input, proses dan nanti baru outputnya. Inputnya itu dari proses awal yakni rekrutmen yang jujur, terbuka dan akuntabel. Sementara prosesnya adalah pembinaan yang melekat," kata Embay.  

Dalam hal ini pembinaan personel meliputi emotional question, kecerdasan spiritualitas. Menurutnya, dengan kecerdasan yang dimiliki para personel dipadukan dengan kecerdasan spiritualitas yang dibangun sejak tahap rekrutmen, maka diyakini Polri kedepan akan lebih dekat dengan kata humanis dan profesional. 

"Jangan hanya mengandalkan kecerdasan intelektual, percuma hanya berprilaku baik di depan Komandannya, sementara dibelakangnya tidak, Tapi kalau mereka merasa diawasi Tuhan maka akan disiplin kapanpun dan dimanapun," tutur Embay.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement