Selasa 15 Nov 2022 11:25 WIB

Tiga Atlet Berkuda Indonesia Targetkan Podium di Kejuaraan Princess Cup Thailand

Ini merupakan kali pertama mereka mengikuti Princess Cup.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tiga atlet berkuda Indonesia, (kiri-kanan) Euclia Purnama, Akbar Kurniawan dan Kayla Alesha akan mengikuti Kejuaaran Berkuda Ketangkasan Princess Cup Thailand 2022 pada 21-27 November 2022.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Tiga atlet berkuda Indonesia, (kiri-kanan) Euclia Purnama, Akbar Kurniawan dan Kayla Alesha akan mengikuti Kejuaaran Berkuda Ketangkasan Princess Cup Thailand 2022 pada 21-27 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga atlet muda Indonesia siap mengikuti Kejuaaran Berkuda Ketangkasan Princess Cup-CSIJ B yang digelar di Royal Stable Unit atau Royal Horse Guard Riding Club, Krung Thep Maha Nakhon, Thailand pada 21-27 November 2022. Kejuaraan Princess Cup ini hadir dengan beberapa disiplin, yakni berkuda (class dressage, dan class show jumping), panahan dan lain-lain.

Ketiga atlet Indonesia itu diantaranya adalah Akbar Kurniawan (18 tahun), Euclia Purnama (16), dan Kayla Alesha (16). Keberangkatan ketiga Atlet tersebut akan didampingi oleh pelatih senior, Rahmat Natsir. Nantinya Kurniawan alias Aan, Clia dan Kayla akan ikut bertanding pada class Show Jumping kategori 100 cm dan 110 cm. Keduanya nantinya akan menggunakan kuda yang disediakan stable di Thailand.

Baca Juga

Begi Aan, kejuaraan ini bukanlah pertandingan pertama, sebelumnya Aan mengharumkan nama Indonesia dengan memenangkan juara pertama, 1st Team CSIJ-B 100 cm di Princess Cup pada tahun 2018 lalu. Aan mengatakan persiapan yang dilakukan menjelang kejuaraan tersebut adalah dengan memperbaiki kekurangan dari Princess Cup di edisi sebelumnya. 

"Kita harus mengoreksi apa yang bisa dikoreksi dari Princess Cup sebelumnya," kata Aan dalam konferensi pers di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur, Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, Aan menjuarai beberapa kejuaraan, seperti 1st Place Kejurnas 2019 U-21 Dressage team and individual, 1st Place Kejurnas 2021 U-21 Dressage team and individual. Dan beberapa kejuaraan Internasional, yakni 1st 100 cm Taipei 2018, 1st Asian Junior Challenge Hong Kong 2019, 1st Reitturnier 115 cm Aachen 2022.

Untuk Princess Cup edisi kali ini, Aan menargetkan podium untuk individu maupun tim. Dia menerangkan, pertandingan Princess Cup di Bangkok termasuk pertandingan rutin setiap tahun, tetapi karena pandemi Covid-19, jadi selama 2 tahun tidak ada pertandingan Princess Cup.

"Karena baru diadakan lagi di tahun ini, jadi kami juga ingin mengikuti dan membawa harum nama Indonesia setelah 2 tahun vakum. Jadi kami harus memberikan yang terbaik untuk negara kita dan mengibarkan bendera Indonesia. Saya yakin negara-negara lain juga mau menghasilkan yang terbaik, karena itu kita harus lebih balik lagi," ujar Aan.

Selain Aan, Clia, dan Kayla juga menargetkan podium pada kejuaraan tersebut. Meskipun ini merupakan kali pertama mereka mengikuti Princess Cup, Clia dan Kayla telah menunjukkan kemampuan mereka di beberapa ajang. Clia pernah mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) DKI 2021 dan berkesempatan mewakili Indonesia di Longines World Equestrian Academy (LWEA) Summer Camp, Agustus 2022 lalu.

"Di sini saya lagi mau menguji kemampuan dan mental saya. Perasaan saya saat ini jujur sangat gugup sekali, grogi, karena ini merupakan pertandingan pertama saya di luar negeri," kata gadis berusia 16 tahun itu. Ketiga atlet tersebut akan bertolak ke Krung Thep Maha Nakhon pada Jumat, 17 November 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement