Dr Susanti dari UMP Kembali Terima Penghargaan atas Inovasi Deteksi Kanker Kolon

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

Dr Susanti, peneliti asal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang meluncurkan inovasi PathGen, alat deteksi dini kanker kolon.
Dr Susanti, peneliti asal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang meluncurkan inovasi PathGen, alat deteksi dini kanker kolon. | Foto: dok. UMP

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Peneliti dunia sekaligus Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan diberikan Dr Susanti atas Karya Anak Bangsa untuk ketegori Inventor di Bidang Farmasi dan Alat Kesehatan Tahun 2022.

“Bertepatan pada hari Kesehatan Nasional pada 3 November 2022 lalu, Alhamdulillah, penghargaan ini diberikan atas kontribusi yang kami curahkan dalam mengembangan kit diagnostik genetik kanker kolon (red. usus besar) pertama di Indonesia melalui perusahaan rintisan yang dibangunnya PT Pathgen Diagnostik Teknologi,” jelas Dr. Susanti melalui pesan singkat, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, identifikasi kelainan genetik pada kasus pasien kanker dan keluarga pasien kanker masih terbilang minim di Indonesia. Biaya yang cukup tinggi dan keterbatasan fasilitas menjadi salah satu kendalanya.

Bersama dengan peneliti lain yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, Dr Susanti menginisiasi pengembangan BioColoMelt – Dx yang sudah dilakukan sejak masa studi doktoralnya. 

Baca Juga

"Kini, bekerja sama dengan Bio Farma, BioColoMelt – Dx sudah beredar secara resmi di Indonesia dan memperoleh nomor izin edar alat kesehatan dalam negeri (AKD)," tuturnya.

Belum cukup sampai disitu, Dr Susanti yang kini menekuni riset sebagai seorang Postdoctoral Research Scientist di Cancer Research UK Beatson Institue dinominasikan pada ajang Cancer Research Horizons Innovation and Entrepreneurship Awards 2022 untuk kategori Early – Career Entrepreneur of The Year.

Perhelatan ini rencananya akan digelar pada 6 Desember 2022 mendatang bertempat di The Royal Society London. Ajang ini merupakan ajang tahunan bergengsi yang diikuti oleh para ilmuwan yang mengeluti penelitian dan inovasi kanker di Inggris Raya.

Untuk diketahui, Dr Susanti sendiri merupakan seorang penyintas kanker kolon stadium 3 yang pernah menjalani terapi di Indonesia. Hal ini membuat Dr Susanti mempunyai pengetahuan yang unik yang membantunya dalam memformulasikan ide riset dan inovasi yang berguna untuk pasien.

“Melalui PathGen kami berharap mampu mendukung kesetaraan global dalam bidang precision medicine atau pengobatan presisi," katanya.

Kini, pengobatan kanker sudah tidak sama lagi, harus berdasarkan kondisi genetika pasien. Deteksi dan stratifikasi awal dengan basis molekular menjadi dasar bagi dokter melihat terapi apa yang sesuai untuk setiap individu. Ia berharap dengan PathGen pihaknya bisa berkontribusi lebih jauh dalam memberikan solusi diagnostik molekuler untuk semua kalangan.

Sementara itu Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan, sesuai dengan amanat dari pimpinan pusat Muhammadiyah, UMP harus mempunyai pusat-pusat unggulan, baik dalam riset dan lainnya. Karenanya, UMP terus berinovasi dan terus berupaya meningkatkan sarana dan pra sarana pendidikan.

“Nanti di kampus 2 ini juga akan kita bangun gedung kuliah yang megah, untuk mahasiswa rumpun kesehatan akan dipusatkan di kampus 2 ini,” tutur Dr Jebul.

Assoc Prof Dr Jebul Suroso juga menyambut baik dan memberikan apresiasi tertinggi kepada Dr Susanti yang telah menciptakan alat tersebut.

“Sebagai keluarga besar UMP tentu kita sangat bangga, yang itu kontribusinya sangat besar untuk kemanusiaan. Bahkan saya pikir bukan hanya di UMP dan di Indonesia saja, melainkan dunia,” jelasnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Makan Delapan Buah Stroberi per Hari Kurangi Risiko Kanker dan Sakit Jantung

RSUD Tulungagung Persiapkan Instalasi Layanan Kanker Terpadu

7 Gejala Awal Kanker Payudara Ini Sering Terabaikan, Coba Cek

Penelitian Sebut Pisang yang Masih Agak Hijau Terbukti Kurangi Risiko Kanker

YKI: Gejala Kanker Paru Kerap tidak Tampak pada Stadium Awal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark