Sabtu 19 Nov 2022 06:32 WIB

Airlangga: Presiden Ajak Seluruh Pihak di KTT APEC Bangun Ekosistem Ekonomi Digital

Ekosistem ekonomi digital perlu dibangun agar ramah bagi UMKM.

Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kanan) saat menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat (18/11) pagi.
Foto: Istimewa
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kanan) saat menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat (18/11) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK—Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak di KTT APEC untuk membangun ekosistem ekonomi digital. Ekonomi digital menjadi isu yang selalu dibawa Presiden Jokowi saat menghadiri serangkaian agenda KTT APEC di Bangkok, Thailand.

Menurut Airlangga, pada agenda pertemuan pertama retreat dengan pemimpin APEC, Presiden menegaskan pentingnya penguatan kerja sama yang konkrit dalam jangka pendek dan panjang untuk memastikan ketahanan pangan, ekonomi digital, dan ekonomi hijau. “Secara khusus Bapak Presiden angkat perlunya membangun ekosistem ekonomi digital yang ramah bagi UMKM dan startup,” tutur Airlangga di sela mendampingi Presiden Jokowi di KTT APEC, di Bangkok, Thailand, dalam keterangan, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga

Menko Perekonomian menilai, sangat wajar Jokowi membawa isu ekonomi digital di KTT APEC. Sebab, di Indonesia sendiri, ada 65 juta unit UMKM dan lebih dari 2.300 startup. Hal inilah yang membuat Indonesia ikut mendukung inisiatif Thailand melalui Bangkok Rulse for Bio Circular Green Economy (BCG). Sebab, inisiatif Thailand ini akan membuka akses teknologi, inovasi, dan peningkatan kapasitas dalam pembangunan hijau.

Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengaku, isu ekonomi digital juga dibawa Presiden Jokowi saat menggelar pertemuan dengan kalangan bisnis di KTT APEC. Kepada kalangan bisnis, Jokowi menekankan digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Menurut Menko Perekonomian, pandemi Covid-19 telah mempercepat transformasi digital. Namun masih terdapat kesenjangan akses bagi kaum perempuan dan kaum rentan. Berdasarkan catatannya, dari 37 persen populasi dunia yang belum memiliki akses internet, sebesar 96 persen berasal dari negara berkembang. Terutama kaum wanita dan kelompok rentan.

“Oleh karena itu Bapak Presiden menekankan dua hal, pertama mendorong kesetaraan akses digital melalui kerja sama pembiayaan investasi dan kemitraan swasta-pemerintah untuk pembangunan infrastruktur digital. Kedua Bapak Presiden juga menyampaikan pentingnya penguatan SDM sektor melalui kerja sama pendidikan pelatihan dan peningkatan kapasitas terutama untuk wanita dan kaum rentan,” tegas Airlangga.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَا لِلّٰهِ الدِّيْنُ الْخَالِصُ ۗوَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِيْ مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ەۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ كٰذِبٌ كَفَّارٌ
Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (berkata), “Kami tidak menyembah mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Sungguh, Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta dan orang yang sangat ingkar.

(QS. Az-Zumar ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement