Sabtu 19 Nov 2022 09:15 WIB

Belasan Lukisan Karya SBY Tarik Perhatian Pengunjung di Surabaya

Lukisan SBY didisplai dan dijual di Pasar Seni Lukis Indonesia XIII tahun 2022.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memamerkan lima karya lukisannya, salah satunya berjudul The Secret of Gods Power.
Foto: Instagram Ani Yudhoyono
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memamerkan lima karya lukisannya, salah satunya berjudul The Secret of Gods Power.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 17 lukisan karya Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menarik perhatian pengunjung di Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) XIII tahun 2022, Kota Surabaya, Jumat (18/11/2022). Ketua Penyelenggara M Anis mengatakan, SBY mendapat undangan khusus untuk mendisplai karyanya di Gedung JX International Surabaya.

Acara yang berlangsung pada 18-27 November 2022, itu merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur (Jatim). "Tujuan utamanya agar masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat melihat secara langsung karya-karya lukisan Pak SBY," kata Anis di Kota Surabaya, Provinsi Jatim, Jumat.

PSLI merupakan agenda rutin setiap tahun yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Penyelenggaraan tahun ini diikuti oleh sebanyak 220 pelukis dari berbagai daerah se-Indonesia, yang menempati 130 stan. Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Saat ditanya berapa harga lukisan karya SBY yang dijual melalui ajang PSLI XIII/2022, Anis mengaku tidak tahu. "Dalam PSLI itu para pelukis dilarang mencantumkan harga. Harga itu disampaikan secara lisan saja. Kalau transaksi kami juga tidak melakukan pungutan komisi. Pak SBY saya juga tak tahu karya-karyanya dijual berapa," ujar dia.