Sabtu 19 Nov 2022 22:05 WIB

Lifehacks Bersihkan Kacamata dengan Cukup Mudah dan Murah

Salah membersihkan kacamata terkadang bisa memperburuk kondisinya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Salah membersihkan kacamata terkadang bisa memperburuk kondisinya.
Foto: Pixabay
Salah membersihkan kacamata terkadang bisa memperburuk kondisinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki kacamata yang kotor memang menjengkelkan. Namun, menggunakan ujung baju atau tisu untuk membersihkannya justru hanya akan memperburuk kondisi kacamata.

Noda di tengah lensa bisa menyebar dari satu sisi bingkai ke sisi lainnya. Bahkan, hal itu bisa menimbulkan konstelasi goresan tepat di depan bola mata Anda juga.

Baca Juga

Dilansir dari laman How Stuff Works, Sabtu (19/11/2022), ternyata menjaga kacamata bebas dari noda dan goresan cukup murah dan mudah. Pengguna kacamata hanya perlu mencucinya dengan lembut. Hal ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan setiap hari tanpa merusak kacamata.

Untuk menjaga kebersihan kacamata, sebaiknya cuci tangan untuk menyingkirkan kotoran atau kuman. Kemudian, bilas kacamata dengan air hangat, dan jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Kemudian, tambahkan setetes sabun cuci piring yang lembut ke lensa. Setelah itu, oleskan sabun di kedua sisi lensa. Bilas sabun dan keringkan dengan kain bebas serat atau kain mikrofiber.

Jika benar-benar ingin kacamata menjadi super bersih, berikut adalah beberapa tips membersihkan kacamata. Pertama, gunakan kapas untuk menggali kotoran yang menempel di sekitar tepi lensa tempat mereka bertemu dengan bingkai.

Kedua, cuci kain mikrofiber atau kain bebas serabut Anda secara teratur. Ini menahan minyak dari tangan Anda, jadi jika Anda tidak mencucinya, itu hanya akan mengotori lensa yang baru saja Anda bersihkan.

 

Hindari ini saat membersihkan kacamata

Ada beberapa hal yang harus dihindari, seperti kemeja, handuk kertas, tisu, dan hal lain yang bukan kain yang dibuat untuk lensa. Hal-hal tersebut dapat menggores lensa, yang tidak dapat dibersihkan.

Jangan gunakan pembersih kaca, terlepas dari namanya, karena dapat menghilangkan lapisan apa pun yang telah Anda bayarkan pada lensa. Anda mungkin tergoda untuk menggunakan sesuatu yang mengandung aseton, seperti penghapus cat kuku, untuk menghilangkan noda, tetapi itu terlalu keras untuk kacamata. Pembersih ultrasonik sepertinya ide yang bagus, tapi bisa menggores lensa juga.

Sementara membersihkan kacamata dengan sabun akan berhasil. Sabun cuci piring terbaik untuk pekerjaan itu, tanpa pembersih tambahan atau bahan abrasif apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement