Sabtu 19 Nov 2022 23:06 WIB

Menperin: Kesuksesan Presidensi G20 Perkuat Pertumbuhan Manufaktur

G20 catat penambahan isu industri pada TIIWG sebagai inisiatif Presidensi Indonesia

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) bersama Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (kiri) mengikuti fasyen show batik on the street saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ahad (2/10/2022). Kegiatan yang turut didukung oleh Kementerian Perindustrian  tersebut digelar sebagai rangkaian Hari Batik Nasional dan HUT Bank Mandiri ke-24.Republika/Prayogi.
Foto: Republika/Prayogi
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) bersama Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (kiri) mengikuti fasyen show batik on the street saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ahad (2/10/2022). Kegiatan yang turut didukung oleh Kementerian Perindustrian tersebut digelar sebagai rangkaian Hari Batik Nasional dan HUT Bank Mandiri ke-24.Republika/Prayogi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang suksesakan bermanfaat bagi pertumbuhan manufaktur di Indonesia.

"Seperti disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia memastikan bahwa G20 bermanfaat terhadap anggotanya juga untuk dunia, terutama bagi negara berkembang. Sesuai dengan tema recover together, recover stronger," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Paragraf ke-37 Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali menyebutkan komitmen antara lain yang terkait dengan perdagangan, investasi, dan industri, yaitu untuk memperkuat perdagangan internasional dan kerja sama investasi untuk menyelesaikan isu supply-chain, juga mencegah hambatan-hambatan perdagangan.

G20 percaya bahwa perdagangan dan kebijakan terkait iklim/lingkungan harus saling mendukung, serta WTO dapat konsisten dan berkontribusi terhadap objectives dari pembangunan berkelanjutan.